Mohon tunggu...
Alfira Fembriant
Alfira Fembriant Mohon Tunggu... Jurnalis - Instagram : @Alfira_2808

Penyiar Radio yang hobi nonton Film Bioskop. (Magister Management, graduated 2021 @Malang)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar dari Kasus Olivia Jensen, Jangan Sembarangan Menggunakan Bendera Merah Putih untuk Sebuah Konten

22 Agustus 2021   00:28 Diperbarui: 22 Agustus 2021   00:30 743 29 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar from Instagram oliviajensen

Bendera Merah Putih adalah kebanggaan masyarakat Indonesia, yaitu sebagai simbol penghormatan akan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada tahun 1945 hingga saat ini dan seterusnya.

Sekali merdeka, tetap merdeka!

Setiap tanggal 17 Agustus pun di seluruh Tanah Air memperingati Dirgahayu Indonesia tersebut, yang tahun ini (2021) sudah 76 tahun Negeri tercinta merdeka.

Meskipun masa pandemi yang belum juga usai di Negeri ini, tapi fanatisme masyarakat dalam memperingati kemerdekaan RI ini tidak pudar, dan beralih euforianya melalui virtual atau via digital.

Era digital ini pun juga menjadikan masyarakat lebih kreatif dalam memperingati kemerdekaan RI. Karena pada tahun ini saja, banyak media sosial juga aplikasi-aplikasi tertentu yang digandrungi atau tinggi peminatnya.

Salah satu aktris Indonesia yang sering muncul dalam banyak FTV (Film Televisi), yaitu Olivia Jensen, juga tidak ketinggalan untuk ikut meramaikan kemerdekaan RI dengan cara membuat suatu video atau konten pada media sosial miliknya.

Dilansir dari Kompas (2021), Olivia dan sang putri terlihat memakai bathrobe. Mereka lalu kompak mengibaskan dan mengempaskan bendera merah putih ke arah samping. Saat bendera jatuh ke tanah, Olivia dan putrinya sudah berubah penampilan menjadi berkebaya merah putih.

Namun, adegannya itu lantas menjadi sorotan di media sosial dan menuai kritik pedas.

Dan akhirnya seperti dikutip dari Kompas TV (2021), Olivia pun akan dilaporkan oleh Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) ke polisi terkait video yang memuat adegan pelemparan bendera merah putih ke tanah, karena dianggap menghina simbol negara.

Hingga saat ini pun (22/08/21) diketahui juga bahwa yang bersangkutan (Olivia) sudah meminta maaf di media sosial pribadinya dan mengatakan bahwa hal tersebut adalah unsur ketidaksengajaan. Ia pun menambahkan bahwa ia tumbuh dan besar di Indonesia, sehingga ia juga bangga menjadi anak bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan