Mohon tunggu...
Alfian Nur
Alfian Nur Mohon Tunggu... Saya Alfian Nur Falahul Rachmawan,saya lahir di Tuban,31 Agustus 1999,saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara.

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Berbagai cara neuron berkomunikasi dan Jenisnya

1 Maret 2021   23:30 Diperbarui: 2 Maret 2021   08:39 410 1 0 Mohon Tunggu...

Neuron saling berkomunikasi dengan cara kimiawi. Yaitu dengan cara melepaskan neurotransmitter atau sering disebut dengan sinapsis.Pada bagian ujung neuron yang satu dengan bagian ujung neuron lainnya tidak akan bisa saling bersentuhan. Antara neuron yang satu dengan yang lainnya akan dipisahkan oleh suatu ruang yang ukurannya amat sangat kecil, biasanya disebut dengan celah sinapsis. Celah ini merupakan suatu terminal yang dimana pada bagian ujung sebuah neuron hampir bisa bersentuhan dengan bagian dendrit atau pun bagian tubuh sel neuron lainnya. Keseluruhan bagian terminal ini, kemudian ujung akson, celah, dan juga membran yang menyelubungi bagian dendrit atau pun bagian badan sel yang biasa disebut dengan sinapsis. Karena sebuah neuron bisa memiliki ratusan bahkan ribuan terminal.Didalam artikel ini kita akan membahas tentang Serotonim, Dopamin, Asetilkolin, dan Norepinephrine:

Serotonin adalah senyawa kimiawi tubuh yang dapat bertindak sebagai neurotransmitter sekaligus sebagai hormon. Sebagai sebuah neurotransmitter, serotonin dapat membantu penyampaian sinyal antar sel saraf. Serotonin terbuat dari triptofan asam amino esensial. Asam amino ini sangat penting dikonsumsi dari makanan sehat. Sehingga, jika didalam tubuh kekurangan triptofan, kadar serotonin pun menjadi rendah.

Fungsi serotonin untuk tubuh:

Serotonin memainkan peran penting untuk kesehatan, mulai dari kondisi psikologis, proses pembekuan darah, hingga sistem pencernaan. Menurut sebuah studi, serotonin juga diketahui berpengaruh pada banyak fungsi psikologis dan kepribadian seperti fungsi neuroendokrin, emosi, motorik, kognitif, dan lain-lain.Berikut ini adalah beberapa fungsi serotonin untuk menompang berbagai sistem didalam tubuh sebagai berikut:

1. Memperbaiki mood

2. Berperan dalam proses pembekuan darah

3. Membantu fungsi sistem pencernaan

4. Membantu mengendalikan siklus tidur

5. Berperan dalam kesehatan tulang

6. Mengatur keinginan seksual

Dopamin adalah salah satu zat kimia di otak (neurotransmiter) yang berperan mempengaruhi emosi, gerakan, sensasi kesenangan dan rasa sakit. Kadarnya dalam otak bisa naik dan turun. Sebagian besar kenikmatan seperti: makanan, seks, dan lain sebagainya mampu meningkatkan kadar dopamin di otak. Hal ini tentu akan mempengaruhi fungsinya, dan marilah kita pelajari fungsi dopamin serta dampaknya bagi tubuh ketika kadarnya naik atau turun. Mengenali Fakta tentang Hormon Dopamin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN