Mohon tunggu...
Alfian Syarif Hidayatullah
Alfian Syarif Hidayatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Dibuat hanya untuk memenuhi tugas kuliah jurnalistik

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, NIM: 20107030077, hobi: menjelajah ilmu pengetahuan Tuhan yang tak terbatas.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pendakian Gunung Andong, Perjalanan Singkat di Gunung Sejuta Umat

27 Juni 2021   15:30 Diperbarui: 27 Juni 2021   15:37 149 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendakian Gunung Andong, Perjalanan Singkat di Gunung Sejuta Umat
Matahari terbit di Puncak Andong (dokpri)

Waktu beranjak malam setelah seharian saya mengikuti kegiatan ikatan mahasiswa universitas. Saya berniat pulang dan mengerjakan tugas rumah. Namun keadaan berubah ketika seorang senior saya tiba-tiba mengajak saya mendaki Gunung Andong. Ajakan spontan yang tentunya membuat saya berfikir dua kali mengingat belum menyiapkan peralatan dan izin orang tua. "Cuma tek tok doang kok" ujar senior saya. Hal yang kemudian membuat saya tertarik adalah kegiatan ini tidak memakan waktu lama, cukup satu malam.

Akhinya saya setuju dengan tawaran tersebut. Saya bergegas pulang untuk menyiapkan perlengkapan dan meminta izin mendaki pada orang tua. Pendakian ini merupakan pendakian tek tok pertama saya, karena sebelumnya setiap mendaki saya selalu menyiapkan tenda dan bermalam di gunung. 

Pendakian tek tok adalah istilah untuk perjalanan singkat yang tidak memakan waktu lebih dari satu hari satu malam, dalam pendakian itu artinya pendaki tidak perlu mendirikan tenda untuk bermukim. Biasanya pendakian tek tok dilakukan di gunung yang relatif kecil dengan jalur yang pendek.

Gunung Andong merupakan gunung yang terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1726 meter di atas permukaan laut. 

Gunung ini  sangat populer di kalangan para pendaki, karena pemandangannya yang indah dan jalurnya yang bersahabat. Gunung Andong disebut sangat cocok bagi pemula yang ingin merasakan pengalaman mendaki gunung untuk pertama kalinya. 

Di puncak anda dapat melihat lima gunung di Jawa tengah yang secara geografis mengeilingi Gunung Andong, seperti gunung

Setelah mendapat izin dan perbekalan, saya berangkat ke Lapangan Denggung Sleman sebagai titik kumpul yang telah kami sepakati sebelumnya. Setelah semlua teman-teman kami siap, kami pun berangkat menggunakan sepeda motor. 

Kami berangkat dari Lapangan Denggung pukul 21.57 WIB menuju Magelang untuk menjemput salah satu rekan kakak tingkat saya terlebih dahulu. Perjalanan malam yang panjang kami lalui. 

Kami membelah jalanan malam yang lenggang nyaris tanpa hambatan, karena waktu yang sudah menjelang tengah malam membuat kondisi jalanan yang biasanya padat menjadi sepi. Setelah dua setengah jam di perjalanan tepatnya pukul 00.32 kami pun tiba di basecamp pendakian Gunung Andong via Sawit.

Loket Registrasi (dokpri)
Loket Registrasi (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x