Mohon tunggu...
ALF
ALF Mohon Tunggu... Lainnya - ~

~

Selanjutnya

Tutup

Diary

Ternyata Aku Rindu Masakan Atok

15 April 2023   18:31 Diperbarui: 15 April 2023   18:54 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
puding susu bunga telang

Atok
Sudah hampir 9 dasawarsa usianya
Tapi Atok sehat
Sangat sehat
Atok masih bisa makan apa saja
Atok juga bisa melakukan apa saja
Beribadah, beres-beres rumah, menyapu, memasak, dan masih banyak hal lainnya yang bisa Atok lakukan

Ada hal unik pada Atok...

Setiap hari, Atok selalu memasak nasi untuk kami
Nasinya banyak, hingga seringkali tersisa
Biasanya nasi sisa aku buatkan bubur, karena sayang sekali kalau dibuang

Entah mengapa Atok selalu masak nasi banyak-banyak, padahal kami anak cucunya makan nasi hanya sedikit
Mungkin Atok khawatir kami kekurangan, kelaparan
Dan dibenak Atok mungkin nasi adalah yang terbaik, nasi mengenyangkan, dan walau tak ada lauk, nasi bisa menjadi penyelamat jika kami lapar
Itulah salah satu dari sekian banyak bentuk kasih sayang Atok

Selain memasak nasi, Atok juga suka memasak lauk untuk makan
Menu yang Atok masak biasanya semur ayam, semur hati ayam, dan telor ceplok
Hampir setiap hari
Menu itu yang atok buat
Menu lainnya biasa dibuat di hari-hari tertentu, hari raya misalnya

Aku sempat bosan makan menu yang itu-itu saja
Selain juga aku harus menghabiskan "nasi" yang Atok buat

Aku sempat bilang ke Atok agar jangan masak nasi banyak-banyak
Tapi tetap saja Atok dengan penuh kasihnya membuatkan kami nasi banyak-banyak

Hingga suatu hari...

Atok lama sekali tak masak, aku tak bertanya pada Atok
Dipikiranku oh mungkin Atok akhirnya bosan juga memasak, atau kecewa karena kami tak menghabiskan nasi dan masakannya
Tapi yang kurasakan cukup lega, karena akhirnya Atok ada jeda memasak
Setidaknya lidahku bisa memakan atau memasak menu lain
Aduh, hatiku kotor sekali ya?

Tapi...
Terlalu lama Atok tak masak
Aku menjadi khawatir
Lalu aku berdoa, agar Atok masak lagi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun