Mohon tunggu...
Alex Palit
Alex Palit Mohon Tunggu... Jurnalis - jurnalis

jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Wow, Rocky Gerung Juga Singgung "Zaman Edan"

26 Juli 2021   06:22 Diperbarui: 26 Juli 2021   06:24 120 1 0 Mohon Tunggu...

Wow, Rocky Gerung juga menyinggung "Zaman Edan". Tapi di sini saya tidak ingin mengomentari prihal materi diskusi yang ada channel youtube "Studio Mata Satu" bertajuk "Zaman Edan" (19/6) yang antara lain menyorot wacana ide tiga periode kepemimpinan Jokowi, menghadirkan Mardani Ali Sera dari PKS dan pengamat politik Hendri Satrio.

Kebetulan saya menulis buku berjudul "Ngaji Deling Ratu Adil 2021 / 2024, menyingkap mitos ramalan "Zaman Edan -- Jayabaya" dalam perspektif ayat-ayat alam bambu unik, siapa sejatinya Ratu Adil. Jadi saya anggap ada korelasinya dengan topik bahasan buku saya.

"Dan Ranggawarsita betul pada waktu itu, bahwa setelah Zaman Edan baru ada akal sehat dipulihkan. Jadi kita musti lampaui zaman edan ini," ujar Rocky Gerung tentang zaman edan.

Setiap perbincangan "Zaman Edan",  pada saat itu pula akan muncul dibenak berupa sebuah eskatologis datangnya sosok "Satria Piningit" yang akan tampil mampu membawa perubahan kehidupan lebih baik keluar dari kemelut yang ada. Sosok ini yang kemudian difigurisasikan dan dipersonifikasikan sebagai "Ratu Adil" sebagaimana diramalkan.   

Benarkah bayang-bayang "Ratu Adil" sebagaimana digambarkan di teks ramalan Jangka Jayabaya, Serat Kalatida Ranggawarsita, Uga Wangsit Siliwangi dan Serat Darmogandul Sabdo Palon, tak lebih hanyalah sebuah mitos, khayalan, fiksi, fiktif, atau pada akhirnya merupakan fakta?

Walau semua itu usianya sudah ratusan tahun lalu, tapi apa yang tertulis di teks ramalan tersebut hingga kini tak lekang oleh zaman, tetap hidup, tetap menjadi perbincangan tak ada habisnya, yang selalu menyeruak di mana "pada suatu masa" ditenggarai meng-alami gonjang-ganjing yang disebut sebagai zaman edan.

Adalah sebuah keniscayaan, manakala "pada suatu masa" yang ditenggarai mengalami krisis amenangi zaman edan, bila kemudian rakyat merindukan amenangi zaman Ratu Adil, datangnya pemimpin adil yang diharapkan membawa perubahan kehidupan lebih baik, keluar dari kemelut yang ada.

Benarkah Ratu Adil segera datang menampakkan diri? Atau ia sedang dipingit? Siapa sejatinya Ratu Adil? Jawaban atas pertanyaan ini memang selalu ditunggu di setiap perbincangan amenangi zaman edan, siapa sejatinya Ratu Adil yang ditunggu kedatangannya?

Lewat buku "Ngaji Deling -- Ratu Adil 2021/2024", pembaca akan diajak membaca bahasa tanda dan makna simbolik ragam bambu unik dari tersurat sampai tersirat yang tersembunyi di dalamnya, siapa sejatinya Ratu Adil.

Kitab Tanpo Waton Ora Tinulis Ning Iso Diwoco

Lewat kitab tanpo waton ora tinulis ning iso diwoco bambu unik, yaitu kitab tidak terlihat dan tidak tertulis tapi bisa dibaca, pembaca akan diajak membaca simbolisasi ayat-ayat pusaka alam bambu unik, serta makna simboliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x