Mohon tunggu...
Alejandra Steven
Alejandra Steven Mohon Tunggu... Freelancer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Berbicara lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Digital

Berapa Orang yang Dibutuhkan dalam Mengembangkan Sebuah Aplikasi Mobile?

29 Maret 2020   03:12 Diperbarui: 29 Maret 2020   03:18 1538 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berapa Orang yang Dibutuhkan dalam Mengembangkan Sebuah Aplikasi Mobile?
Sumber Gambar: Miro Medium

Kamu berencana mengembangkan aplikasi mobile? Kira-kira berapa orang ya yang dibutuhkan dalam membuat sebuah aplikasi mobile?

Jika kamu berencana untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile, kamu mungkin akan sangat bertanya-tanya berapa jumlah orang yang kamu butuhkan pengembangan aplikasi tersebut. Yang paling penting untuk diingat adalah, bagaimana caranya membuat aplikasi mobil yang sukses dibandingkan dengan menciptakan aplikasi yang populer.

Lalu, berapa banyak orang yang dibutuhkan?

Kebutuhan Sumber Daya 

Untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile, idealnya, dibutuhkan sekitar 4 sampai 10 orang. Mengapa perlu sebanyak itu dalam satu tim? Karena zaman telah berubah tentunya. 7-9 tahun yang lalu mungkin mengembangkan sebuah aplikasi bisa dilakukan oleh satu orang saja. 

Hal ini dikarenakan pasar yang belum begitu berkembang sehingga konsumen tidak begitu mengharapkan kualitas terbaik dan tertinggi pada sebuah aplikasi yang baru diluncurkan. Selain itu, pengembangan pada platform seluler dan framework nya pun juga tidak begitu dikembangkan. Namun di era digital saat ini, tentu saja semuanya sudah sangat jauh berbeda.

Popularitas Sebuah Aplikasi Mobile

Pada tahun lalu, perangkat seluler menyumbang traffic hampir 53% dari total jumlah traffic ke website. Melihat ini, peran sebuah aplikasi memang sangat penting. Dan tentunya kamu akan dengan mudah menciptakan sebuah identitas melalui aplikasi mobile yang kamu buat.

Kunci Sukses Sebuah Aplikasi Mobile

Meskipun pasar aplikasi mobile sudah sangat berkembang, namun kamu juga perlu bermain dengan hati-hati dan teliti. Sebanyak 25% pengguna hanya menggunakan aplikasi sekali pakai saja. Jika kamu ingin menarik perhatian para pengguna dan mempertahankannya, maka kamu perlu menciptakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsionalitas yang tinggi.

Misalnya, kamu menawarkan berbagai jenis jasa yang akan menjadi solusi masyarakat seperti aplikasi mobile jasa yang sedang populer saat ini, maka kamu harus menawarkan solusi atas masalah yang dihadapi pengguna dan memberikan kenyamanan melalui layanan jasa yang kamu tawarkan.

Intinya adalah, pada aplikasi yang kamu kembangkan, kamu perlu memberikan kinerja aplikasi yang hebat, kenyamanan, keamanan dan ketersediaan yang baik bagi pengguna. Hal inilah yang paling mendasari pada pemikiran untuk memperkirakan jumlah staf yang kamu butuhkan dalam mengembangkan sebuah aplikasi mobile.

Dalam Membentuk Tim Pengembang, Siapa Saja yang Dibutuhkan?

Jika kamu memiliki budget yang cukup besar untuk mengembangkan sebuah aplikasi, maka sebaiknya kamu mencari tim profesional yang mampu menciptakan aplikasi mobile terbaik. Lalu, siapa saja yang kamu butuhkan?

Project Manager

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN