Mohon tunggu...
Aldrich Atha Rheza Hariyanto
Aldrich Atha Rheza Hariyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa yang memiliki ketertarikan lebih di dunia digital

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Independen? Pengalaman Mengikuti Studi Independen di Binar Academy

12 November 2022   23:09 Diperbarui: 13 November 2022   19:24 457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"You are what you want to be". Kata-kata itu membawa saya ke kesempatan ini.

Siapa sangka, saya sebagai mahasiswa S1 Bisnis Digital, dapat memiliki pengalaman luar biasa di Binar Academy dan belajar Product Management?

Awalnya pada akhir tahun 2021, saya mencoba belajar Product Management karena saya tertarik dengan teknologi, digital, dan startup. Setelah saya mengetahui Kampus Merdeka memfasilitasi kami untuk mendapatkan pengalaman tersebut.

Saya ingin mencoba berpartisipasi dan saya senang dapat berkesempatan mengikuti Program Studi Independen yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berkolaborasi dengan Binar Academy. Saya merasa bersyukur terpilih sebagai siswa di Binar Academy di antara lebih dari 20 ribu-an pelamar.

Disambut dengan hangat dan asik menjadi awal menyenangkan bergabung di Binar Academy. Langkah awal yang baik untuk memulai belajar dan saya harap ini salah satu proses untuk menuju tujuan saya.

Menurut saya, bootcamp selama hampir 5 bulan bersama Kak Dede Sukimah dan Product Management fasilitator lainnya sangat berwawasan! Tidak hanya pengetahuan dan wawasan mereka, tetapi juga pengalaman dan semangat mereka dalam Product Management menginspirasi saya.

Banyak hal baru yang bisa dipelajari dan dipraktekkan. Saya tidak hanya belajar tentang teori, tetapi juga belajar secara praktis melalui studi kasus yang diberikan oleh fasilitator dan tantangan yang harus dilakukan di setiap akhir bab. Bab favorit saya adalah dokumen yang dapat dikirim sebagai Product Manager dan heuristic evaluation menggunakan usability assessment.

Dengan mengikuti kegiatan Studi Independen Product Management di Binar ini, saya dapat lebih mengenal peran sebagai manajer produk, tanggung jawab seorang manajer produk, serta lebih mengenal dokumen dan alat-alat yang dibutuhkan manajer produk dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Saya belajar banyak tentang Business Requirement Document (BRD), Product Requirement Document (PRD), dan dari proses tersebut, saya dapat mengimplementasikan Scrum dengan lebih efektif.

Saya sangat bersyukur Kak Dede Sukimah, sebagai pembimbing saya, selalu membimbing saya dalam setiap langkah. Melalui kuliah, workshop, dan project assignment, saya dapat banyak pengalaman dan insight tentang Product Management .

Momen yang paling menyenangkan bagi saya pribadi adalah saat-saat dimana kami melakukan bonding session, juga konsultasi one-on-one untuk membantu kami mengerjakan tugas-tugas mingguan kami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun