Mohon tunggu...
Aldo Theodorus
Aldo Theodorus Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka menulis untuk menambah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Money

Mendengar, Skill Utama dalam Customer Service

25 Oktober 2021   23:37 Diperbarui: 26 Oktober 2021   00:05 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Drobotdean di Freepik

Customer service yang baik sangat menentukan tingkat loyal customer dan returning customer.

Pasalnya, tanpa customer service yang baik, banyak pelanggan seringkali enggan melanjutkan berbisnis dengan suatu perusahaan.

Kendati demikian, banyak bisnis yang masih belum menerapkan strategi customer service secara lebih serius dan benar. Alias masih asal-asalan.

Entah karena bisnis tersebut tidak tahu bagaimana menciptakan customer service yang baik, atau malah meremehkan dampak customer service bisnis.

Jika alasannya karena meremehkan, bisnis perlu mengevaluasi ulang strategi yang dilakukannya.

Namun, kalau tidak tahu, bisnis perlu memahami bagaimana mereka harus memulai.

Dilansir dari blog Wappin tentang strategi customer service dalam menghadapi masalah dan keluhan pelanggan, mendengar menjadi skill utama customer service yang baik.

Alasannya bermacam-macam, mulai dari yang bersifat prosedural hingga non-prosedural.

Apa saja itu? Mari kita bahas.

Mendengar penting untuk memahami masalah pelanggan

Pelanggan sering datang dengan pertanyaan atau permasalahan. Dan customer service adalah garda terdepan yang menghadapinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun