Mohon tunggu...
Aldo Bole
Aldo Bole Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Aldo adalah Mahasiswa dan aktif di Organisasi Kemahasiswaan Ekstra Kampus, yaitu di Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia. Media Sosial Facebook : Aldo Bole Fanpage : Aldo Bole Instagram : aldob95 E-Mail : aldoewaldus@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Pilihan

Manfaat Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

4 November 2022   08:00 Diperbarui: 4 November 2022   08:03 570
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Metaverse. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Artificial intelligence merupakan sebuah teknologi yang ditujukan untuk membuat suatu algoritma yang bersifat mengkombinasikan instruksi dari seseorang dengan keterampilan berpikir alami secara otomatis. Dalam arti khusus, algoritma itu dapat membuat suatu konsep atau solusi untuk masalah tertentu. Teknik ini bisa ditemukan di dalam beberapa sumber, yaitu dalam bentuk software, mesin pencari, dan komputer.

Berdasarkan tingkat kemampuannya, artificial intelligence terdiri dari; Pertama, Artificial general intelligence (AGI): merupakan jenis AI yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi objek yang ditemukan dalam ruang lingkungannya secara cepat dan akurat. Kedua, Artificial narrow intelligence (ANI): merupakan jenis AI yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi objek yang ditemukan dalam ruang lingkungannya secara cepat dan akurat, namun tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Ketiga, Artificial general intelligence with human like intelligence (AGI-H): merupakan jenis AI yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi objek yang ditemukan dalam ruang lingkungannya secara cepat dan akurat, namun memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Keempat, Machine learning artificial intelligence (MLAI): merupakan jenis AI yang diperoleh dari keterampilan mengajar manusia untuk mengidentifikasi objek yang ditemukan dalam ruang lingkungannya secara cepat dan akurat.

Sementara berdasarkan kegunaannya, AI terdiri dari; Pertama, Natural language processing (NLP) merupakan jenis AI yang dibentuk untuk menangani komunikasi dengan orang-orang. Kedua, Expert system merupakan jenis AI yang dibentuk untuk membuat decision bersamaan dengan ahli ilmu yang berpengalaman. Ketiga, Machine learning merupakan jenis AI yang dibentuk untuk membuat analisa data secara otomatis. Keempat, Robotics merupakan jenis AI yang dibentuk untuk menangani kebutuhan robot. Kelima, Virtual assistant merupakan jenis AI yang dibentuk untuk menangani hal-hal yang bersifat virtual, seperti pemesanan produk online.


Metode Pengembangan AI


Metode pengembangan artificial intelligence dapat dilihat dalam beberapa bentuk; Pertama, Metode konseptual adalah metode yang biasanya digunakan untuk mengembangkan konsep dan ide artificial intelligence. Metode ini meliputi analisa matematis dan linguistik. Kedua, Metode empiris adalah metode yang paling banyak ditemukan untuk mengembangkan kemampuan artificial intelligence. Metode ini digunakan untuk memanfaatkan data waktu dan informasi yang ada. 

Ketiga, Metode klasik adalah metode yang berasal dari kehidupan sehari-hari. Metode ini biasanya digunakan untuk mengembangkan kemampuan artificial intelligence dengan cara menggunakan algoritma dan proses-proses yang sangat teratur. Keempat, Metode kombinatorik adalah metode yang berasal dari matematika. Metode ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan artificial intelligence dengan cara membangun model dan simulasi. Kelima, Metode interaktif adalah metode yang berasal dari kehidupan sehari-hari. Metode ini biasanya digunakan untuk mengembangkan kemampuan artificial intelligence dengan menggunakan komputer sebagai media penyimpanan data.

Peranan AI dalam kehidupan sehari-hari

Artificial intelligence dalam kehidupan sehari hari tergantung pada kebutuhan dan mendorongnya. Ada beberapa hal yang harus diterapkan untuk meningkatkan peranan AI dalam kehidupan sehari hari. Pertama, AI harus dikembangkan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pendidikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun