Mohon tunggu...
Aldi Dzikri Sholihin
Aldi Dzikri Sholihin Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

"To get something you never had, you must do something you never did"

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Rebahan Sambil Cuan, Emang Bisa?

10 Desember 2022   06:07 Diperbarui: 10 Desember 2022   07:11 867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Album dari Jangkauindonesia.com

Rebahan adalah sebuah aktivitas memanjakan diri dengan cara tiduran di rumah, ruang tamu atau dimana pun. Istilah ini tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan ? Ya tentu saja, menurut saya hampir semua orang tidak lepas dari aktivitas rebahan. Yang menarik di sini adalah, dengan modal rebahan emang bisa menghasilkan cuan ? Jawabannya tentu saja bisa ! Yuk simak cerita saya :)

Saya adalah seorang Mahasiswa di salah satu kampus negeri di kota Malang. Saya adalah mahasiswa “Kupu-Kupu” (istilah untuk mahasiswa yang terbiasa langsung pulang setelah kuliah) karena di kampus ini saya tidak mengikuti kegiatan lain. Sepulang kuliah, saya menghabiskan waktu di kamar kost dengan bermain game Mobile Legends. Hari demi hari saya jalani dengan aktivitas yang sama selama 2 tahun ini.

Pada tahun ketiga, tepatnya pada 2022 komunitas game Mobile Legends ternyata semakin ramai dan banyak teman saya yang juga bermain game tersebut. Karena banyaknya dari teman-teman saya yang selalu melakukan pembelian top-up, dengan ini saya memutuskan untuk berjualan Diamond (voucher game). Pada awalnya saya hanya berjualan Diamond saja tanpa memiliki nama “brand”. Sampai suatu saat ketika teman saya bertanya : “Al, nama tokomu apa?”. Dari situ saya mulai berpikir bahwa ternyata nama brand itu memang sangat diperlukan agar usaha yang kita jalankan nantinya bisa dikenal oleh para customer. Akhirnya dengan ini saya memutuskan untuk memberikan nama “Axio Store”. Fyi, nama ini saya ambil dari Nickname akun saya yang saat itu bernama Axiomatic.

Hari pertama berjualan memang bisa berjalan dengan lancar meskipun ruang lingkup customernya sebatas dari teman-teman saya sendiri. Pada awalnya, saya sempat berpikir untuk tidak melanjutkan bisnis ini karena saya merasa saya tidak memiliki kompetensi atau bakat dalam berjualan. Pada saat awal berjualan saya merasa tidak percaya diri untuk mempromosikan bisnis saya karena bisnis yang saya jalankan ini bukanlah bisnis yang besar dan dikenal banyak orang pada umumnya.

Dari sini, saya mulai berpikir memberanikan diri untuk melakukan promosi produk agar cakupan customer nantinya bisa jauh lebih luas. Untuk promosi yang pertama saya lakukan adalah dengan cara memanfaatkan relasi teman, yakni meminta bantuan kepada mereka untuk mempromosikan Axio Store di status WhatsApp dan Instagram mereka. Hal ini memanglah sederhana dan tentunya tak perlu mengeluarkan biaya seperspun. Saya bersyukur memiliki banyak teman yang selalu membantu saya dalam mempromosikan Axio Store ini.

Selepas dari melakukan promosi, customer Axio Store tidak langsung ramai begitu saja. Orang-orang di luar sana pada umumnya masih memiliki keraguan untuk melakukan top-up di toko saya karena mungkin masih terbilang baru ya. Dengan maraknya kasus penipuan dengan berkedok jualan diamond, hal ini tentu saja menjadikan para calon customer menjadi sangat teliti dalam memilih toko. Di sisi lain, ternyata desain produk yang kita tawarkan juga bisa mempengaruhi minat para calon customer. Semakin menarik desain produk yang kita tawarkan, maka semakin besar pula peluang customer untuk melakukan top-up. Untuk mengatasi masalah ini, saya menemukan ide untuk menyimpan bukti testimoni pembelian di bagian sorotan atau highlight Instagram. Hal ini tentu saja bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut namun memang memerlukan cukup banyak waktu untuk mengumpulkan bukti testimoni dalam jumlah yang banyak. Di samping itu, saya juga mulai memperbaharui desain pamflet agar terlihat lebih menarik dan meyakinkan. Di bawah ini adalah perbandingan desain pamflet pada awal saya berjualan - sekarang :

Desain Awal - Album Pribadi Axio Store
Desain Awal - Album Pribadi Axio Store

Desain Saat Ini - Album Pribadi Axio Store
Desain Saat Ini - Album Pribadi Axio Store
Dalam berjualan online ini saya menyiapkan beberapa metode pembayaran mulai dari DANA, OVO, GOPAY, SHOPEEPAY dan BANK BRI. Hal ini saya lakukan sebagai salah satu strategi untuk menarik customer. Karena di zaman ini penggunaan e-wallet atau dompet digital sudah sangat banyak digunakan dan setiap customer menggunakan aplikasi yang berbeda. Oleh karena itu, saya menyiapkan beberapa opsi pembayaran tersebut agar bisa memudahkan customer dalam melakukan pembayaran secara online. Berikut ini adalah rekap transaksi saya pada bulan Februari, Juli dan November 2022 :

Rekap Transaksi Februari- Album Pribadi Axio Store
Rekap Transaksi Februari- Album Pribadi Axio Store

Rekap Transaksi Juli- Album Pribadi Axio Store
Rekap Transaksi Juli- Album Pribadi Axio Store

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun