Mohon tunggu...
Aksal Syah
Aksal Syah Mohon Tunggu... Penulis - Manusia Tanpa Gelar

┊͙✧ Just ordinary person ˖*°࿐

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Perbedaan Bahasa Korea Selatan dan Korea Utara

1 Juli 2021   13:05 Diperbarui: 1 Juli 2021   13:16 426 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan Bahasa Korea Selatan dan Korea Utara
Bendera Korea Utara (Kiri) & Bendera Korea Selatan (Kanan)

Negara Korea terbagi menjadi dua, Korea Selatan dan Korea Utara. Keduanya sama-sama memakai bahasa Korea. Tapi, apakah sama saja atau ada perbedaan kedua bahasa dari negara di Semenanjung Korea tersebut? 

Sebelumnya, di bawah ini ada latar belakang mengapa Korea bisa terpecah menjadi dua.

Latar Belakang Putusnya Korea Utara dan Selatan

Saat terjadinya civil war atau Perang Saudara Korea pada 1950 hingga 1953, Korea terbagi menjadi dua bagian. Korea Utara dan Korea Selatan yang masing-masing menganut paham yang berbeda pula. Korut dengan komunisnya dan Korsel dengan liberalisnya. Tentunya ini berdampak pada perbedaan bahasa di antara kedua negara karena perbedaan kebijakan.

desain-tanpa-judul-1-60dd5a0a06310e30b518f712.png
desain-tanpa-judul-1-60dd5a0a06310e30b518f712.png
Seperti yang umumnya diketahui, negara komunis cenderung menutup diri dari pengaruh-pengaruh negara lain atau hal-hal yang ada di luar negaranya. Korea Utara berusaha untuk membuat segala bidang, baik pendidikan, sosial, kesehatan, hingga budaya termasuk bahasa menunjukkan ciri khas dari negara itu sendiri.

Sedangkan, Korea Selatan terkenal dengan sifat keterbukaannya akibat berpaham liberalis. Ini disebabkan karena pada saat perang saudara berlangsung, Korea Selatan dibantu oleh Amerika Serikat.

Tentunya, itulah salah satu penyebab mengapa adanya sedikit perbedaan diantara bahasa Korea yang digunakan di kedua Negeri Ginseng tersebut.

Perbedaan Bahasa Korea Selatan dan Korea Utara

Sudah dijelaskan mengapa adanya perbedaan bahasa di kedua negara tersebut. Agar lebih jelas lagi, inilah perbedaan bahasa Korea di Korea Utara dan Korea Selatan.

Keaslian Bahasa

Korea Utara sempat berganti ideologi dari komunis ke Juche. Juche singkatnya adalah di mana menekan sebuah negara untuk mandiri. Perubahan ini menyebabkan Korea Utara lebih "antia sing". Dengan demikian, bahasa di Korea Utara bisa dibilang masih terjaga keaslian bahasanya yang mana merupakan serapan dari bahasa Mandarin. Sedangkan di Korea Selatan kebanyakan sudah tidak pernah digunakan lagi. 

Adanya bahasa yang dipengaruhi bahasa Inggris.

Sebenarnya, bahasa yang digunakan di Korea Selatan dan Korea Utara masih bahasa yang sama. Bentuk dan kosakata dasar untuk bahasa kedua negara itu berasal dari sumber yang sama, yaitu sumber yang diluncurkan Perhimpunan Bahasa Korea (Korean Language Society) pada tahun 1936, yaitu (Romanisasi Korea Selatan: Sajeonghan Joseoneo Pyojunmal Moeum, Romanisasi Korea Utara: Sajnghan Chosn P'yojunmal Mom).

  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x