Kompetensi Inti ( KI):Â
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif     dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,        teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar (KD):Â
1.4 Menghormati keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di masyarakat sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Mengutamakan sikap toleran dalam menghadapi masalah akibat keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya.
3.4 Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras,dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam
    bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka
   Tunggal Ika.
Indikator :
1. Menghormati dan mensyukuri keberagaman bangsa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan sikap toleran, santun, jujur, gotong royong, dan peduli dalam menyelesaikan masalah keberagaman masyarakat Indonesia.
3. Menjelaskan makna Persatuan dalam kebangsaan.
4. Menjelaskan keberagaman masyarakat Indonesia.
5. Mengidentifikasi permasalahan yang mungkin muncul dari keberagaman masyarakat Indonesia.
6. Menemukan upaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat.
7. Menyusun laporan hasil telaah tentang peran mediator penyelesaian masalah keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) dalam   bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
8. Mensimulasikan peran mediator penyelesaian masalah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
D. Materi PembelajaranÂ
Materi pada Bab 4 ini meliputi :
1. Makna persatuan dalam kebangsaan
2. Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan     Â
  antargolongan.
3. Permasalahan Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
  a. Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia
  b. Pengaruh Keberagaman Masyarakat Indonesia
  c. Permasalahan yang Mungkin Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
4. Upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA