Mohon tunggu...
AKHMADI
AKHMADI Mohon Tunggu... Guru - SMP Negeri 44 Jakarta

Guru Pendidikan Pancasila bertugas di SMPN 44 Jakarta, Ketua MGMP Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Timur, Komite SMKN 1 Cikarang Barat, Konsultan Hukum, bisnis, hobbi menulis tentang dunia pendidikan, politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya. beberapa tulisan tertuang dalam https://www.kompasiana.com/akhmadi23750, https://akhmadijpr.com/, https://akhmadiblog.blogspot.com/, https://www.facebook.com/akhmadijpr.akhmadijpr/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bab 4: Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

19 Januari 2021   20:48 Diperbarui: 19 Januari 2021   21:03 8461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Kompetensi Inti ( KI): 

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif          dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,                teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mengolah, dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B. Kompetensi Dasar (KD): 

1.4 Menghormati keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di masyarakat sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa.

2.4 Mengutamakan sikap toleran dalam menghadapi masalah akibat keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya.

3.4 Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras,dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam

       bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka

     Tunggal Ika.

Indikator :

1. Menghormati dan mensyukuri keberagaman bangsa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menunjukkan sikap toleran, santun, jujur, gotong royong, dan peduli dalam menyelesaikan masalah keberagaman masyarakat Indonesia.

3. Menjelaskan makna Persatuan dalam kebangsaan.

4. Menjelaskan keberagaman masyarakat Indonesia.

5. Mengidentifikasi permasalahan yang mungkin muncul dari keberagaman masyarakat Indonesia.

6. Menemukan upaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat.

7. Menyusun laporan hasil telaah tentang peran mediator penyelesaian masalah keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) dalam      bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

8. Mensimulasikan peran mediator penyelesaian masalah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

D. Materi Pembelajaran 

Materi pada Bab 4 ini meliputi :

1. Makna persatuan dalam kebangsaan

2. Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan          

   antargolongan.

3. Permasalahan Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia

   a. Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia

   b. Pengaruh Keberagaman Masyarakat Indonesia

   c. Permasalahan yang Mungkin Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

4. Upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun