Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Indonesia Berduka, Bencana Datang Silih Berganti

5 Desember 2022   16:35 Diperbarui: 6 Desember 2022   20:54 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Erupsi gunung Semeru pada Minggu Dini hari (04/12), Membuat kepanikan Warga Lumajang dan Malang akibat hujan debu, Sumber : Kompas.com

"Gempa yang melanda Kota Cianjur masih menyisakan Trauma yang begitu mendalam, ratusan warga meninggal dunia akibat terjadinya gempa dengan skala 5,6 magnitudo, disusul lagi dengan gempa di Garut menjadi kepanikan tersendiri akan situasi dan kondisi alam yang kurang menentu"

Setelah Daerah Jawa Barat khususnya Cianjur dan Garut yang dilanda Gempa Bumi, hingga menelan ratusan korban Jiwa, link giliran Gunung Semeru di Lumajang, dan Gunung Rauang yang berbatasan dengan Kabupaten Jember, Banyuwangi dan Bondowoso memuntahkan Lavanya.

Lava yang cukup besar di muntahan oleh Gunung Semeru, sehingga membuat para warga panik dan mulai mengungsi ke daerah aman akibat semburan debu.

Banyak rumah warga yang tenggelam akibat semburan debu abu vulkanik, yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia, bahkan pemberitaan di berbagai Platform media elektronik, erupsi gunung Semeru berpotensi akan Tsunami.

Meski hal tersebut dibantah oleh Dr. Amien Widodo, MSI, seorang Peneliti Bencana Institut Teknologi 10 Nopember (ITS).

Dikutip dari laman Kompas.com, Dr. Amien Widodo membantah Tidak ada kemungkinan sampai Tsunami ataupun letusan yang sampai lautan," ungkap Pakar Geologi ITS ini,

Mengapa bencana alam datang silih berganti, mulai dari adanya Gempa bumi, sampai pada letusan gunung yang membuat banyak warga panik dan ketakutan ?

Mungkinkah alam ini sudah tak seimbang sehingga murka pada tingkah laku manusia yang sudah mulai "tidak manusiawi" atau memang alam ini sudah cukup menua, sehingga banyak kehancuran yang terjadi dimana-mana?

Peristiwa Bencana Alam, Misteri yang harus selalu di waspadai 

Tidak hanya adanya gempa bumi, dan hujan debu abu Vulkanik akibat muntahan lava Gunung, banjir bandang dan luapan sungai yang kian tak terbendung dan menyeruak ke rumah-rumah warga, menjadi sebuah peringatan tersendiri agar kita lebih waspada dengan bencana yang datang tanpa kita duga 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun