Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Kemajuan UMKM dan Kecepatan Marketing Melalui Digitalisasi

7 November 2022   15:33 Diperbarui: 7 November 2022   15:44 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sangat Terbantukan proses penjualannya dengan kecanggihan Tekhnologi, Sumber : Duniafintech.com

"Pasang surut Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tidak pernah terlepas dari regulasi perekonomian yang berkembang dalam suatu negara, Begitu pula dengan Indonesia Sebagai Negara Berkembang, Pelaku UMKM sebagai penobang bagi kegiatan perekonomian cukup memberikan dampak yang besar bagi laju dan sistem ekonomi secara keseluruhan"

Gejolak ekonomi ditengah tingginya resesi dan Inflasi, membuat pelaku usaha mengalami pasang surut yang kian tajam, pasalnya dengan naiknya harga BBM yang sangat berdampak pada kenaikan harga pokok dan pangan, menyebabkan perputaran ekonomi kian melambat.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha yang masih menjanjikan dan cukup dimintai oleh masyarakat Indonesia, sebab situasi dan kondisi terkini banyak pabrik-pabrik besar yang tertimpa PHK, sehingga para pekerja yang di PHK, dan uang pesangon yang diberikan oleh perusahaan dijadikan modal untuk mengembangkan usaha sendiri.

Ada banyak jenis usaha yang bisa dikembangkan oleh masyarakat yang hendak mengembangkan perekonomiannya menjadi lebih baik, mulai dari usaha kuliner, usaha jual beli barang yang tidak mudah basi, seperti baju dan pakaian lainnya, sampai pada usaha kerajinan yang bernilai seni tinggi pun bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengembangkan sebuah usaha.

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) ini memang mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah, pasalnya UMKM menjadi sektor yang memperkuat perekonomian masyarakat, bahkan UMKM ini dijadikan salah satu pilar yang kokoh terhadap keberlangsungan perekonomian Negara.

Lantas seperti apa realita dan faktanya bagi UMKM bisa tumbuh, berkembang dan Maju ? Sehingga ekonomi rakyat kian tumbuh dan berkembang.

Mengamati pertumbuhan dan perkembangan dari pada UMKM bisa tumbuh, berkembang dan Maju, tidak lepas dari tiga faktor yang cukup besar pengaruhnya. Apa saja Faktor yang cukup besar itu mempengaruhi tumbuh-kembangnya UMKM ditengah-tengah Masyarakat ?

Pertama : Faktor dukunngan dari Pemerintah 

Pentingnya dukungan dan dorongan pemerintah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), menjadi salah satu faktor yang memperkuat bagi para pelaku usaha UMKM.

Soal jenis usaha yang hendak dikembangkan bagi pelaku UMKM, sudah ada banyak jenis pilihan usaha yang bisa dikembangkan, mulai dari usaha kuliner, bahan pokok, bahan yang tidak mudah basi, sampai pada usaha kerajinan yang bernilai seni tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun