Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

"Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan"

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Adu Kuat Dewan Kolonel dan Dewan Kopral di Tubuh PDI-P

23 September 2022   15:40 Diperbarui: 23 September 2022   15:48 104 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosok Gubernur Jawa Tengah meski memiliki elektabilitas yang tinggi, belum tentu mendapatkan rekomendasi untuk menjadi Calon Presiden yang akan datang | Sumber: kompas.com

"Tidak bisa dipungkiri polarisasi dan faksi-faksi ditubuh Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P) sudah terbentuk dan mulai menunjukkan eksistensinya ditengah semakin menghangatnya suhu politik menghadapi pemilu tahun 2024"

Para elite tokoh politik yang mendukung Puan Maharani Sebagai Calon presiden 2024 membentuk yang namanya dewan Kolonel. Dewan Kolonel ini dibentuk untuk menyokong peran puan Maharani di jalur dewan yang kemudian akan menyebar di daerah yang menjadi dapil dimana mereka berangkat dana menang menjadi anggota DPR RI.

Arah dan sinyal pencapresan PDI-P memang semakin menguat pada sosok ketua DPR RI Puan Maharani, yang sekaligus adalah putri ketua umum PDI-P, sehingga membuat Ganjar Pranowo tersisihkan.

Baik Puan maupun Ganjar keduanya sama-sama memiliki kekuasaan dan memiliki loyalis yang berbeda, Jika di Kelompok Puan Maharani ada Dewan Kolonel yang secara terang benderang menjadi penguat atas pencapresan Puan, Dewan Kopral pun merupakan para pendukung Ganjar, dan membentuk Dewan Kopral yang kepanjangannya adalah Komando Perjuangan Rakyat Jelata.

Dewan Kolonel maupun dewan Kopral istilah yang terbentuk atas inisiasi masing-masing penggerak untuk mendukung calon yang dikehendakinya, anehnya para pendukung itu merupakan kader PDI-P.

Perseteruan pencapresan antara Puan Maharani dan Ganjar Pranowo justru akan sangat merugikan partai penguasa tersebut, politik pecah belah akan terjadi di tubuh partai berlambang Banteng Moncong putih, sebagai partai yang tingkat pemilihnya masih berada dilevel paling tinggi diantara partai lainnya.

Adah kuat antar relawan yang sudah terbangun, antara kubu Ganjar dan Puan Maharani, bisa membuat manuver yang justru menjadikan haluan yang berbeda ditubuh partai.

Analisa soal Pencapresan Puan Maharani dan Ganjar Pranowo 

Beberapa pengamat mengatakan, PDI-P, jika memaksakan Puan Maharani sebagai Capres, akan membuat PDIP tidak memiliki penguasa penerus pak Jokowi, sementara Manuver politik Ganjar sedari awal sudah terbangun dan terbentuk pada relawan, mulai dari relawan Ganjaris sampai dewan Kopral menjadi fenomena tersendiri ditengah masyarakat.

Sosok Ganjar yang digadang-gadang memiliki potensi yang besar untuk mencapreskan diri, justru sinyal dari partainya sendiri cukup lemah baginya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan