Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Berbagi Bukan Menggurui

Mengulik sisi lain dunia pendidikan Indonesia 📖 Omnibus: Cinta Indonesia Setengah 2013 Jelajah Negeri Sendiri 2014 | Best Teacher 2022 Best In Specific Interest Nominee 2023 | Ketua Bank Sampah Sekolah | Teknisi ANBK | Penggerak KomBel

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Hunting Baju Wisuda ala Indonesia Paling Ribet Sedunia?

20 Februari 2023   04:00 Diperbarui: 20 Februari 2023   19:00 2241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inspirasi model kebaya modern untuk busana wisuda ala selebriti milenial| Dok instagram.com/febbyrastanty, instagram.com/tasyakamila via stylo.grid.id

Wisuda adalah hari yang sangat ditunggu oleh para mahasiswa sebagai tanda keberhasilan melewati proses studi dan dinyatakan lulus hingga akhirnya akan menerima ijazah dan gelar akademik.

Wisuda dianggap pula sebagai sebuah pesta kelulusan yang dipenuhi dengan berbagai euforia dan segala tetek-bengeknya. berbagai persiapan menyambut wisuda pasti akan dipersiapkan secara matang demi mewujudkan momen yang bisa jadi hanya akan dilewati sekali seumur hidup --- kemungkinan tidak lanjut S2 karena faktor pekerjaan atau menikah.

Maka ketika berbicara tentang wisuda, kita akan membayangkan tentang seperti apa saja persiapan yang akan dilakukan. salah satu yang paling menyita perhatian adalah mengenai baju untuk wisuda itu sendiri.

Walaupun saat momen sakral pada kegiatan wisuda ini adalah memakai toga. namun baju apa yang akan dikenakan untuk menyambut kegiatan setelah keluar dari aula atau auditorium itu adalah persiapan yang tak bisa dianggap sepele oleh hampir seluruh mahasiswa yang akan menghadiri wisuda.

Baju untuk wisuda ala mahasiswa di Indonesia. (foto via theasianparent)
Baju untuk wisuda ala mahasiswa di Indonesia. (foto via theasianparent)

Tradisi hunting baju wisuda sudah menjadi sebuah tradisi di dunia kampus di Indonesia. agaknya hampir semua mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia akan mempersiapkan baju untuk wisuda.

Sebagai mantan mahasiswa yang sudah pernah mengikuti rangkaian acara wisuda, saya juga punya pengalaman tersendiri mengenai hunting baju untuk wisuda ini.

Walaupun sebagai seorang lelaki persiapan baju untuk wisuda yang saya lakukan tidak seribet yang dilakukan para kaum perempuan.

Kala itu setelan baju untuk wisuda yang saya kenakan hanyalah baju kemeja polos warna putih dan celana dasar berwarna hitam. beneran hanya itu yang saya kenakan. saya tidak pakai jas karena kekurangan dana. sedangkan dasi tidak sempat saya pakai karena H-1 wisuda, saya malah bingung memilih dasi yang cocok untuk saya kenakan pada hari wisuda. alhasil, hanya setelan baju wisuda dengan nuansa yang sangat sederhana seperti itu yang saya kenakan.

Meskipun begitu, saya tetap merasa happy lantaran bagi saya yang terpenting kala itu adalah acara wisuda saya dapat dihadiri oleh orang tua yang sudah jauh datang dari Payakumbuh ke Yogyakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun