Mohon tunggu...
Akbar Hars
Akbar Hars Mohon Tunggu...

Bismillah. Hanya seorang mahasiswa biasa. Silahkan yang berkenan berkunjung, kunjungi blog saya: wadahhumaniora.blogspot.co.id Terima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Review Buku Arif Satria, Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir

12 Mei 2018   09:28 Diperbarui: 16 Mei 2018   11:40 0 1 0 Mohon Tunggu...
Review Buku Arif Satria, Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir
Cover Buku (Sumber: Gramedia Digital)

Judul Buku      : Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir

Pengarang       : Arif Satria

Penerbit           : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tahun Terbit  : 2015

Tebal Buku      : xii + 150 halaman

ISBN                   : 978-979-461-935-3

Buku ini diterbitkan atas kerja sama antara Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Dengan tebal kurang lebih 150 an halaman, membuat buku ini menjadi salah satu buku yang bisa dibilang ringan untuk dibaca. Meskipun di dalamnya terkandung banyak fakta-fakta menarik seputar kehidupan masyarakat pesisir. 

Ditulis dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami, merupakan salah satu kelebihan dari buku ini. Sesuai judulnya yakni "Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir", bab per bab yang terkandung di dalamnya pun memuat hampir semua komponen dan bagian dari kehidupan masyarakat pesisir di Nusantara. Bab per bab juga disusun rapi sedemikian rupa, dan membahas hampir secara rinci semua komponen dari kehidupan masyarakat pesisir. 

Mulai dari pendahuluan, karakteristik sosial, struktur sosial, dinamika perubahan teknologi perikanan dan formasi sosial, konflik-konflik masyarakat pesisir, kemiskinan, pengelolaan sumber daya perikanan berbasis masyarakat, hingga pemberdayaan masyarakat pesisir. Dalam bab 2 sendiri diberikan contoh mengenai karakteristik sosial masyarakat maritim, yang dapat dilihat melalui empat aspek, diantaranya adalah sistem pengetahuan, sistem kepercayaan, peran perempuan, struktur sosial, dan posisi sosial nelayan. 

Dalam aspek sistem pengetahuan, dijelaskan dengan beberapa contoh dari beberapa daerah di Nusantara, diantaranya adalah sistem kalender dan penunjuk arah dengan menggunakan rasi bintang tertentu di Kirdowono dan konsep Perbani dan pemeliharaan sampan dengan pengasapan badan dengan cara membakar daun nipah ala Suku Laut. Berlanjut kepada aspek-aspek selanjutnya, bahkan bab selanjutnya dijelaskan oleh Arif Satria dengan menggunakan bahasa yang lugas dan ringkas, sehingga mudah untuk dipahami dan dipelajari. Dengan menggunakan metode penjelasan disertai dengan contoh, menurut saya, membuat pembaca lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh penulis. 

Begitu pula dengan buku dari Arif Satria ini, penelitian beliau yang sebelumnya telah mendalam di bidang sosiologi masyarakat pesisir Nusantara memudahkan beliau untuk memaparkan contoh-contoh konkrit yang terjadi di masyarakat pesisir berbagai penjuru Nusantara. Mulai dari nelayan Suku Laut, Kirdowono, Wonokerto Pekalongan, Madura, dan masih banyak lagi contoh lainnya dalam buku ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x