Mohon tunggu...
Rahmad Agus Koto
Rahmad Agus Koto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Entrepreneur

Aku? Aku gak mau bilang aku bukan siapa siapa. Terlalu klise. Tidak besar memang, melalui niat dan usaha, aku selalu meyakini bahwa aku selalunya memberikan pengaruh yang baik kepada lingkungan alam dan lingkungan sosial dimanapun aku berada.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Analisis Prediksi Hasil Pilpres 2024

14 Desember 2023   21:33 Diperbarui: 14 Desember 2023   21:49 287
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tadinya mau membuat artikel yang agak panjang untuk analisis prediksi hasil Pilpres 2024. Ini saya mau buat singkat aja tanpa penjabaran argumen, karena ini sambil makan Lontong Malam Medan.

Sebagai seorang pengamat politik yang cukup intens sekaligus buzzer salah satu tokoh politik dalam dua pilpres terakhir (aishhh... ngaku ngakunya itu loh... pok jidat hehehe), saya memahami benar sikon politik yang sekarang, khususnya terkait Pilpres 2024 yang sedang dalam masa kampanye resmi ini.

1. Jalannya pilpres PASTI dua putaran. MUSTAHIL satu putaran.

2. Pasangan 2 pasti memperoleh angka tertinggi, sekitar 40%. Pasangan 1 dan 2, sekitar 30-30%.

3. Pasangan 2 bisa menang, hanya jika dan jika berhasil bekerjasama dengan pasangan 1 atau 3.

4. Pasangan 1 bisa menang, hanya jika dan jika bisa bekerjasama dengan pasangan 3 atau sebaliknya.

5. Dilihat dari sejarahnya, pasangan 3 nampaknya akan lebih memilih bekerjasama dengan pasangan 2.

6. Sebagai peserta baru, promotor utama pasangan 1-lah yang paling diuntungkan dari Pilpres 2024 ini, menang gak menang, mereka tetap diuntungkan secara politis.

Para elit-elit politikus dan bos-bos bisnis besar yang berkepentingan dengan pasangan 1, 2, 3 atau ketiga-tiganya, wajib memperhatikan dan memahami postulat ini bila benar-benar menginginkan memenangkan Pilpres 2024.

Lebih cepat lebih baik karena para agen-agen lobbyist masing-masing paslon sudah bergerak secara intens dan masing-masing paslon mesti berhati-hati menjaga hati para lawan dan pendukungnya.

((Ajuskoto))

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun