Mohon tunggu...
Rahmad Agus Koto
Rahmad Agus Koto Mohon Tunggu... Ilmuwan - Observer

Aku? Aku gak mau bilang aku bukan siapa siapa. Terlalu klise. Tidak besar, tapi aku punya pengaruh. Memberikan pengaruh kepada komunitas sosial dimanapun aku berada.

Selanjutnya

Tutup

Money

Intrapreneurship, Konsep Sukses Karyawan Sekaligus Kesuksesan Pemilik Usaha

2 Oktober 2012   12:37 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:21 2778 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Tidak setiap orang memiliki kesempatan menjadi seorang entrepreneur, atau memang tidak berminat untuk memiliki dan memanajemen usaha sendiri. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kendala teknis seperti tidak memiliki modal, tidak memiliki ide bisnis, dan karakter pribadi yang lebih memilih kondisi yang lebih safety dan stabil (comfort zone).

Bukan masalah siapa yang lebih baik, tetapi tiap-tiap kita memiliki karakternya masing-masing, bukan berarti seorang entrepreneur lebih baik daripada seorang karyawan.

Istilah intrapreneurship baru saya kenal dan pelajari beberapa bulan yang lalu. Suatu konsep yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi karyawan dan pemilik usaha itu sendiri.

Sudah saya terapkan kepada karyawan-karyawan saya dalam memproduksi nata de coco dan memberikan hasil yang cukup memuaskan, menguntungkan bagi karyawan sekaligus bagi pemilik usaha.


Konsep intrapreneurship adalah konsep win win solution.

Konsep dan istilah intrapreneurship pertama kali dikenalkan oleh Gifford and Elizabeth Pinchot pada tahun 1978 [Intrapreneur].

Secara sederhana intrapreneurship adalah nilai-nilai atau karakter entreprenurship yang diterapkan oleh karyawan-karyawan dalam perusahaan.

Berikut ini adalah sifat entrepreneur yang saya rangkum dari berbagai buku-buku, media online, dan dari pengalaman sendiri:


  1. Visioner
  2. Selalu memiliki tujuan (goal) yang realistis, detail dan terukur.
  3. Terorganisir (well organized)
  4. Berani mengambil resiko
  5. Percaya diri
  6. Tegas
  7. Pemimpi yang selalu berkeinginan untuk mewujudkan impiannya (lebih suka mengatakan “saya akan” daripada “saya harap”).

Sedangkan berikut ini adalah keahlian (skill) yang harus dimiliki seorang entrepreneur:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan