ajid azman

Mendaki Tak Seindah Ekspektasi

16 Juni 2021   00:20 Diperbarui: 16 Juni 2021   00:22 160
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Mendaki adalah salah satu kegiatan yang digemari oleh masyarakat baik yang muda ataupun yang lanjut usia. Apabila anda adalah salah satu pendaki maka anda perlu juga menaklukan Gunung Sumbing Jawa Tengah.

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dijuluki sebagai titik tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Ada banyak jalur pendakian untuk sampai Puncak Gunung Sumbing, antara lain Garung, Capit Parakan, Butuh Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung.

Karena terlalu banyak uang saya dan 3 teman saya berencana mendaki Gunung Sumbing, kami memilih jalur pendakian via Butuh Kaliangkrik Magelang, karena Dusun Butuh belakangan memang dikenal sebagai Nepal van Java karena keindahan pemandangan rumah penduduk seolah bertumpuk di lereng gunung, seperti di Negara Nepal.

Setibanya disana pukul 12.00 kami langsung mengisi registrasi dan langsung melanjutkan perjalan menuju pos-1 memakan waktu sekitar 2 jam, jika anda ingin mempersingkat perjalanan menuju pos-1 anda bisa naik ojek seharga 20.000 per orang.

Sesampainya di pos-1 kami berempat bersantai memanjakan otot otot kaki kami dan meminum air mineral sambil tangan kiri memegangi sebat. Ditengah tengah canda gurau kami Ilham mencletuk "wah mendung nih bro, besok kayaknya dipuncak juga mendung" , "jangan ngomong kayak gitu ham, nanti jadi kenyataan". Saut saya. Kahfi meneruskan "udah ayok naik lagi sambil ngabisin rokok" , kami bertigapun mengiyakan ajakan Kahfi.

Kamipun melanjutkan perjalanan menuju pos-2 disana kami menjumpai pendaki lain, saling sapa antar pendaki menjadi ciri khas ataupun hanya sekedar memberi semangat walaupun tidak mengelanya. Hari sudah mulai meredup, matahari samar samar menghilang ditambah hawa dingin mulai menembus jaket tebal yang kami pakai. Dari pos-2 menuju pos-3 tidak terlalu memakan banyak tenaga karena jalurnya datar tidak terlalu naik. Tapi dari pos-3 menuju pos-4 adalah trek yang berat didominasi dengan medan tanah, medan mulai terbuka dengan kanan kiri adalah semak, malam hari akan terasa sangat dingin bagi kami. Setelah berjalan sekitar 2jam dari pos-3, kami tiba di pos-4. Saya melihat jam pada ponsel menunjukan angka 9:36, sesampainya di pos-4 kabut menyelimuti puncak dan angin bertiup kencang menyulitkan kami mendirikan tenda.

Setelah tenda berdiri tegak kami mulai memasak dan menghangatkan badan dengan menyeduh kopi saset yang kami bawa dari rumah dan menghabiskan 3 sampai 4 rokok.

Hawa malam mulai mengajak untuk tidur, kami ber empat tidur disatu tenda yang sama.

Untuk menuju punjak Gunung Sumbing kami mengharuskan untuk bangun jam 4:00 pagi karena karus melakukan summit attack Kepuncak Sejati. Puncak terdekat yang bisa dicapai via jalur Butuh, Kaliangkrik, Magelang, adalah Puncak Sejati. Gunung Sumbing sendiri punya bebera puncak lain, seperti Puncak Rajawali, Puncak Kawah, dan Puncak Buntu.

Kita harus menempuh satu jam untuk bisa sampai ke Puncak Sejati dengan membawa ransel dan bekal yang lainya karena di puncak tidak boleh mendirikan tenda. Kami berharap bisa mendapatkan golden sunrise atau lautan awan tapi saat kita bangun dan keluar tenda kabut teballah yang pertama menyambut kita keluar dari tenda.