Mohon tunggu...
Aji NajiullahThaib
Aji NajiullahThaib Mohon Tunggu... Pekerja Seni

Hanya seorang kakek yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Shooting Tanpa Beban Karena Ada Jaminan

21 Desember 2019   09:46 Diperbarui: 21 Desember 2019   09:43 58 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Shooting Tanpa Beban Karena Ada Jaminan
Foto: doc. Pribadi

Saya ada pengalaman yang cukup berkesan dalam menjalankan pekerjaan yang juga merupakan 'passion' saya, memang pengalaman ini sudah cukup lama sekali, dan pengalaman itu tidak saya temukan lagi pada produksi yang lain.

Ini terjadi sekitar 19 tahun yang lalu, inilah pertama kalinya dan terkakhir saya shooting diberikan jaminan keselamatan Jiwa. Saya sudah tidak terlalu ingat dengan perusahaan Asuransi apa perusahaan tempat saya bekerja tersebut menjaminkan keselamatan seluruh crew film.

Yang saya rasakan manfaatnya adalah, kami menjalankan seluruh rangkaian pekerjaan tanpa ada rasa kuatir sedikitpun, tentang keselamatan jiwa kami yang terus bekerja. Sehingga rangkaian pekerjaan bisa diselesaikan dengan sangat efektif dan produktif.

Bagi saya pribadi, bekerja sebagai penata arristik difilm itu sesuai dengan passion saya, sehingga saya sangat enjoy bekerja, ditambah lagi dengan adanya jaminan keselamatan jiwa dalam menyelesaikan pekerjaan, tentunya akan sangat nyaman tanpa beban.

Sayangnya tidak semua perusahaan film menerapkan hal seperti itu, yang mau menjamin keselamatan crew lewat perusahaan Asuransi jiwa. Karena dianggap pekerjaan tersebut hanya bersifat temporer, dan dalam waktu yang singkat.

Padahal, perusahaan Asuransi sendiri menyediakan fasilitas jaminan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Memberikan rasa aman kepada crew film adalah memberikan jaminan pada keselamatan crew selama bekerja, dan ini sangat mempengaruhi produktivitas.

Sementara, produktivitas itu sendiri memberikan  efek positif pada kualitas dan penghematan anggaran produksi. Bagaimana tidak menghemat kalau semua target skedul terpenuhiw setiap harinya, karena problema shooting itu rerata pada banyaknya skedul yang di-pending.

Dengan di-pendingnya skedul tersebut maka harus dilakukan re-skedul, dengan adanya re-skedul secara otomatis akan menambah hari kerja, artinya secara tidak langsung akan menambah beban anggaran. Inilah yang kadang tidak disadari oleh para produser film.

Jarang sekali produser film mau memberikan jaminan keselamatan pada crew film selama proses produksi berlangsung. Padahal nilainya tidaklah seberapa kalau dibandingkan manfaatnya baik bagi crew, maupun bagi perusahaan.

Itu memang pengalaman yang pertama, bahkan juga yang terakhir bagi saya selama 25 tahun kerja di film. Namun sangat berkesan bagi saya, karena ada perusahaan yang mau memberikan jaminan kepada crew produksi sebuah film, dan perusahaan tersebut bukanlah perusahaan film yang besar dan terkenal, tapi perusahaan baru dan produksi perdananya.

Adanya jaminan keselamatan bagi crew produksi di film sangatlah dibutuhkan, namun sayangnya tidak semua perusahaan film menyadari hal itu. Padahal manfaatnya sangat banyak bagi sebuah produksi film, karena semua crew akan bekerja dengan enjoy dan tanpa beban.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x