Mohon tunggu...
Ajeng Syarifah Maulida Tsani
Ajeng Syarifah Maulida Tsani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sastra Inggris, Universitas Diponegoro

Hello!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penaklukan Kegiatan KKN Pulang Kampung Mahasiswa UNDIP

3 Agustus 2021   21:25 Diperbarui: 3 Agustus 2021   23:51 44 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penaklukan Kegiatan KKN Pulang Kampung Mahasiswa UNDIP
Program 1:Sosialisasi Kesadaran Penduduk mengenai Menjaga Diri Sendiri dan Sesama di masa Pandemi.

Pandemi Covid - 19 yang hadir pada awal tahun 2020 cukup mengagetkan warga seluruh dunia. Virus yang menyebar diseluruh dunia tersebut memberikan banyak dampak diberbagai bidang kehidupan seperti kehidupan sosial, politik, pendidikan dan kehidupan sehari - hari lainnya. Dampak terbesar terutama di negara kita, Indonesia adalah pada bidang pendidikan. Semua pelajar / mahasiswa harus mengikuti pembelajaran melalui online atau daring (dalam jaringan) di rumah masing - masing yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia. 

Salah satunya yang menerapkan ketetapan pemerintah adalah Universitas Diponegoro yang telah merepkan kegiatan belajar mengajar melalui daring termasuk kegiatan tahunan KKN atau Kuliah Kerja Nyata. Semua mahasiswa wajib melaksanakan KKN di daerah asal masing - masing dan tetap menjaga protokol kesehatan anjuran pemerintah sebagai bentuk upaya pemutusan rantai tersebarnya covid - 19. 

Pada tahun 2021, KKN UNDIP  dilaksanakan pada 30 Juni 2021 dengan rangkaian acara upacara pelepasan mahasiswa KKN Tim II Periode 2020/2021 oleh Panitia P2KKN 2021 dengan tema KKN"Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID - 19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)".  Selain itu mahasiswa diwajibkan membuat 2 program yang dilaksanakan secara individual. 

Program 2: English Corner
Program 2: English Corner "Learning Expression".

Ajeng Syarifah Maulida Tsani, mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro menghadirkan program 1 yaitu "Sosialisasi Kesadaran Penduduk mengenai Menjaga Diri Sendiri dan Sesama di masa Pandemi" bertargetkan ibu - ibu PKK Kampung Karangsari RT 6 RW 12, Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Kota Semarang. Selain itu, ibu - ibu PKK juga telah melaksanakan vaksin 1 dan 2 di fasilitas kesehatan terdekat menerima secara gratis / tidak dipungut biaya. Dan program yang ke 2 yaitu "English Corner", ia mengambil materi "Learning Expressions" bertargetkan siswa Sekolah Dasar kelas 2 - 6 yang diikuti maximal 5 orang anak di lingkungan daerahnya dan tetap menjaga protokol kesehatan. Alasan pengambilan materi tersebut "supaya adik - adik ini memahami situasi keadaan perasaan seseorang melalui ekspresi sehingga adik - adik dapat menyesuaikan sikap yang lebih bijak" ujarnya.  Pemahaman adik - adik yang mengikuti belajar cukup bagus sehingga saat diberi mini-test dapat menjawab sebagian besar dari pertanyaan tersebut. 

Selain itu, banyak kegiatan yang dilaksanakan di luar program seperti membantu kegiatan kelurahan lokasi KKN mahasiswa, melakasanakan lomba untuk memperingati Kemerdekaan 17 agustus dan membantu kegiatan warga di lokasi. Ini adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Meskipun semuanya harus dilaksanakan secara individual namun harus tetap memenuhi kriteria KKN pada umumnya. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN