Mohon tunggu...
Ajeng DwiayuSaputri
Ajeng DwiayuSaputri Mohon Tunggu... SMAN 1 PADALARANG

XII MIPA 3

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penebangan Hutan

3 Maret 2021   16:11 Diperbarui: 3 Maret 2021   16:31 39 0 0 Mohon Tunggu...

penebangan liar merupakan kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang merupakan suatu ancaman faktual yang tidak memiliki izin otoritas tempat.

Penebangan hutan secara liar saat ini sedang terjadi dimana-mana,salah satunya di Kalimantan. Karena di Kalimantan banyak hutan-hutan.

Penebangan hutan ini sangat tidak baik, karena bisa membuat pohon pohon di hutan menjadi gundul. Tetapi masih ada yang tidak peduli dengan itu. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri,untuk memuaskan dirinya,adanya keserakahan manusia dan keegosiannya.

Manusia yang menebang hutan secara liar pun mempunyai sebab atau alasan tertentu salah satunya karena faktor ekonomi,mereka menjual kayu itu untuk memenuhi ekonomi dan kebutuhannya.

Kita tidak boleh mencari keuntungan dengan merugikan yang lainnya atau merugikan negara sendiri.

Mereka selalu menebang pohon dengan jumlah yang tidak sedikit. Bukan berarti di negara kita tidak boleh menebang pohon,tapi jangan menebang pohon dengan jumlah yang banyak karena itu bisa merugikan diri sendiri dan diri orang lain.

Kita harus menjaga, merawatnya dengan cara menanam lagi dari nol yaitu dari bibitnya. Menanam itu tidak susah dan bahkan menyenangkan.

Penebangan secara lier ini tentu ada banyak akibatnya contohnya yaitu banjir ataupun bisa menyebabkan tanah longsor.

Kita harus melestarikan hutan. Jangankan manusia, hewan-hewan pun akan terkena akibatnya.

Hutan merupan tempat dimana hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan tinggal disana,berlindung,bahkan tempat mencari makan. Kita juga harus memikirkan hewan-hewan lainnya karena mereka juga mahkluk hidup seperti manusia.

Tentunya di negara kita ini sudah banyak yang melakukan penebangan hutan,pohon di hutan ataupun di setiap tempat itu sangat penting dan berguna untuk kita menghirup udara yang segar.

Mari kita lestarikan hutan-hutan,pohon-pohon,maupun tumbuhan yang ada di sekitar kita,negara kita.

VIDEO PILIHAN