Mohon tunggu...
Ajay Priatama
Ajay Priatama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI

Digital Marketing Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Penguatan Pola Pikir dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

13 Juli 2022   23:06 Diperbarui: 13 Juli 2022   23:07 134 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan gerbang yang paling berpengaruh dalam meraih impian masa depan. Pendidikan saat ini selalu bertransformasi dari masa ke masa, hal ini dikarenakan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). 

Perkembangan ini haruslah diiringi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dan unggul agar pemanfaatan pengetahuan bisa lebih optimal. Maka dari itu ilmu pengetahuan sangatlah bermanfaat bagi kehidupan. 

Salah satu faktor dalam membentuk SDM yang baik adalah dengan menempuh pendidikan dan membentuk pola pikir (mindset) yang kuat agar mampu menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada dan juga mampu mengeksplorasi ilmu pengetahuan dengan optimal. 

Sekolah merupakan sarana belajar bagi siswa untuk menimba ilmu pengetahuan serta membentuk karakternya. Faktor yang bisa mendukung siswa untuk bisa belajar dengan baik hingga berprestasi ialah kemampuan dirinya sendiri terutama pola pikir.

Pola pikir merupakan keyakinan ataupun cara pandang seseorang didalam hidupnya. Pola pikir dibagi menjadi dua yakni pola pikir yang berkembang (growth mindset) dan pola pikir yang menetap (fixed mindset). Pola pikir akan mempengaruhi terhadap perilaku, sikap hingga kemampuan yang seseorang miliki. Dikarenakan pola pikir merupakan pondasi awal dalam kita bertindak.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Wahidah, Setyadi & Grafiyana (2021:104) didapat bahwa kemampuan dan skill yang dimiliki siswa dapat ditingkatkan berdasarkan minat dan growth mindset siswa tersebut ketika dalam proses pembelajaran, mereka yang memiliki pola pikir yang berkembang ketika menghadapi permasalahan maka tidak akan mudah menyerah. Namun, sebaliknya siswa yang memiki pola pikir yang tidak berkembang (fixed mindset) akan dengan mudahnya untuk menyerah. 

Hal ini membuktikan bahwa pola pikir siswa sangat mempengaruhi semangat dan minat mereka dalam belajar, dan tentunya akan berdampak pada prestasi belajar yang mereka dapatkan.

Seseorang yang memiliki pola pikir growth mindset ditandai dengan pantang menyerah, berani menerima kegagalan, berusaha untuk terus belajar, memiliki motivasi untuk memperbaiki diri, dan tidak berpikir bahwa kemampuan berasal dari keturunan. 

Sedangkan, seseorang yang memiliki pola pikir fixed mindset biasanya cenderung lebih mudah menyerah, anti kritik dan beranggapan kemampuan yang dimilikinya berdasarkan garis keturunan.

Pola pikir dibentuk dan dibangun dengan cara yang tidak instant perlu kesadaran dan kemauan yang kuat dalam diri pribadi orang tersebut, selain itu faktor eksternal juga diperlukan misalkan dukungan orang tua.

Beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membangun pola pikir berkembang (growth mindset) :

  1. Berusaha untuk mengenali diri sendiri (kecendrungan pola pikir)
  2. Berada pada lingkungan orang-orang yang positif
  3. Berusaha dan paksa diri keluar dari zona nyaman
  4. Belajar dari kegagalan dan berusaha untuk memperbaikinya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan