Mohon tunggu...
Aisyah Sherly Asputri
Aisyah Sherly Asputri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNJ

"Majulah tanpa menyingkirkan orang lain. Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan orang lain".

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Media Sosial dan Gaya Hidup Konsumtif Pemuda Masa Kini dalam Penggunaan Gadget

20 Oktober 2021   16:09 Diperbarui: 20 Oktober 2021   16:12 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : Aisyah Sherly Asputri

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNJ

Kemajuan teknologi pada saat ini sudah mengalami perubahan yang sangat pesat. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari berbagai sisi meliputi perubahan di bidang pendidikan, kesehatan, hiburan, dan komunikasi yang dapat diakses begitu cepat dan mudah oleh semua kalangan masyarakat di dunia. Teknologi digital saat ini memberikan pengaruh yang besar kepada masyarakat dan alat digital ini sudah sebagai kebutuhan utama di dalam kehidupan sehari-hari.

Hampir semua orang di dunia memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah aktivitasnya termasuk kemajuan Gadget yang mengalami lonjakan dalam penggunaannya. Gadget menjadi salah satu alat komunikasi yang paling dibutuhkan dan penting pada saat ini. Alat komunikasi Gadget dapat dimiliki oleh individu dari berbagai jenjang usia termasuk pada pemuda yang saat ini paling banyak menggunakan gadget dalam aktivitas kehidupan sehari-harinya.

Pemuda yang berjenjang usia sekitar 15-25 tahun lebih sering dalam menggunakan gadget. Hal itu dikarenakan adanya pengaruh dari teman sebaya, pergaulan, keluarga, sekolah maupun tempat kerja. Hal itu juga dikarenakan pemuda merupakan masa transisi antara masa remaja dan masa dewasa yang ingin melakukan perubahan dalam membangun pribadi yang lebih mandiri, kreatif dan terlibat secara sosial dalam segala sesuatu hal baru.

Tak heran jika banyak pemuda atau sebagian besar remaja yang menggunakan gadget dalam menunjang aktivitas hariannya. Gadget pada zaman sekarang seperti diibaratkan makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari, tanpa gadget hidup seperti merasakan kurang dalam melakukan berbagai aktivitas. Dalam penggunaan gadget ini sudah pasti memberikan dampak positif dan negatif tergantung dari pemakaian oleh individunya sendiri.

Pada saat ini, banyak pemuda yang membeli gadget dengan harga yang cukup mahal dari brand tertentu ternama hanya untuk memenuhi gaya hidupnya dibalik dari adanya kebutuhan akan fungsi gadget atau smatphone tersebut. Pemuda saat ini lebih mendahulukan tuntutan gaya hidupnya dalam memiliki gadget. Karena dari kenyataan yang ada, banyak pemuda atau anak muda zaman sekarang yang memaksakan ingin terlihat keren di mata para teman-temannya, followersnya yang ada di kehidupan nyata maupun sosial media dari kepunyaanya terhadap smartphone yang dimiliki.

Tingginya penggunaan gadget atau smartphone dikalangan pemuda dan generasi muda tidak hanya untuk sekedar melakukan panggilan dan menjawab panggilan handphone saja tetapi lebih dari itu para pemuda memanfaatkan kecanggihan smartphone untuk komunikasi dan hiburan melalui sosial media yang sangat memungkinkan terjadi interaksi dan penggunaan beragam aplikasi media sosial yang lagi trend di kalangan pemuda.

Dalam hal ini, Media sosial juga memberikan pengaruh yang besar terhadap interaksi komunikasi yang terjalin antara sesama individu dan juga memberikan perubahan bagi gaya hidup pemuda saat ini. 

Salah satu media sosial yang memberikan pengaruh yaitu Instagram. Instagram menjadi salah satu media sosial yang digandrungi oleh khalayak pemuda zaman sekarang. Banyak dari pemuda yang menggunakan media sosial Instagram untuk sekedar membagi keseharian aktivitasnya melalui feeds maupun storygram. 

Tak jarang dari adanya penggunaan media sosial di kalangan pemuda ini memberikan sebuah dampak kepada dirinya terhadap apa yang telah dilihatnya melalui informasi dan kegiatan yang telah dibagikan oleh para temannya di media sosial tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan