Mohon tunggu...
Aidil Akbar
Aidil Akbar Mohon Tunggu... -

Perencana Keuangan, mulai takut ketinggian tapi suka bgt terbang & nembak, baru nyoba gowes, doyan gym, movies, food & kuliner, cooking, traveling, doyan ngomong & sharin, nulis artikel, buku & blog

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bagaimana Cara Supaya Bisa Merdeka Finansial?

18 Agustus 2017   14:44 Diperbarui: 18 Agustus 2017   15:45 897 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: https://tyasfuryrahayu.wordpress.com

Mumpung momennya pas nih masih suasana 17 Agustusan, ada baiknya kita bahas trik dan tipsnya supaya kita bisa jadi Merdeka Secara Financial.  Sebelum bahas itu secara detil coba deh ditanya dulu dan bisa jawab atau tidak, apa yang dimaksud dengan Merdeka Financial?  Dan sudahkah anda termasuk kedalam kategori Merdeka Financial? 

Bingung kan membedakan antara merdeka financial dengan hal financial lainnya seperti mapan financial.  Banyak orang bilang, ah itu mah sama aja, tapi banyak juga yang bilang lho kalo merdeka ya pasti berhubungan dengan waktu dooonk.  Banyak juga yang bilang kalo merdeka financial selalu berhubungan duit yang banyak.  Padahal punya duit banyak aja belum tentu merdeka secara financial.  Coba liat tuh orang-orang kaya bergaji gede, apakah mereka merdeka bisa ngelakuin apa aja?  Belum tentu.  Yang ada, duit banyak stress makin tinggi. 

Ada juga yang menghubungkan Merdeka Finansial dengan Pensiun dan persiapan dana pensiun.  Sebenarnya tidak salah juga sih Merdeka Finansial dihubungkan dengan Pensiun.  Tapi ingat, bahwa orang yang memasuki masa Pensiun belum tentu juga sudah Merdeka secara Financial.  Pada hakikatnya bila kita bahas lebih detil dari kata per kata, Merdeka artinya kita bebas, lepas, bisa melakukan apapun dan kapanpun, apa saja dan dimana saja dan tidak terikat ke satu institusi atau perusahaan.  Sementara Finansial artinya berhubungan dengan keuangan.  So, Merdeka Finansial bisa diartikan dengan Anda bebas melakukan apapun tanpa anda harus pusing memikirkan secara keuangan atau besok makan apa. 

Benar sekali bila Merdeka Finansial kemudian dihubungin dengan duit, tapi tidak serta merta Anda harus kaya raya dulu untuk bisa merdeka secara finansial.  Merdeka Finansial memberikan Anda opsi apakah Anda masih akan terus bekerja terus atau bebas melakukan apa saja tanpa harus merdeka.  Untuk merdeka secara finansial Anda tidak harus menunggu menjadi tua dan pensiun dulu.  Banyak anak muda yang sekarang sebenarnya sudah merdeka secara finansial tapi mereka tidak mengetahuinya.  Anak muda jaman sekarang (terutama generasi milenials) lebih bisa ekspresif terhadap apa yang ingin mereka kerjakan.  Generasi yang lebih tua (Generasi X) masih terikat dengan dogma dan aturan yang dibawa orang tuanya mengenai karir dan pekerjaan apa yang bisa menghasilkan uang (istilahnya:  emangnya kerjaan itu bisa dipake buat hidup?).

Nah, Pertanyaanya adalah gimana Anda bisa merdeka secara finansial?  Ada 4 hal tips dan trik untuk bisa membuat Anda menjadi Merdeka secara Financial.

  • Bekerja Freelance
  • Investasi
  • Bisnis
  • Aset Produktif

Seperti apa detilnya? Bisa dilihat, baca dan pelajari ditautan berikut ini  http://ow.ly/51Mt30euZF4 atau di www.aidilakbar.com

Sudah Merdeka Financial kah anda?  Cari jawabannya disini....

MERDEKA!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan