Mohon tunggu...
Aidil Akbar
Aidil Akbar Mohon Tunggu... -

Perencana Keuangan, mulai takut ketinggian tapi suka bgt terbang & nembak, baru nyoba gowes, doyan gym, movies, food & kuliner, cooking, traveling, doyan ngomong & sharin, nulis artikel, buku & blog

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Banjir Akibatnya... Mau Punya Apa-apa Nggak Bisa kan? Ngaku Aja, Seri 2

10 Februari 2015   19:00 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:29 49 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di tulisan sebelumnya, yang juga sudah saya twit di akun @AidilAKBAR ;(hayooooo follow akun twitternya) dengan tagar #GoalSetting kita sudah bahas bagaimana seharusnya membuat tujuan keuangan yang baik dengan menggunakan metode SMART.Apa itu SMART?Bagi yang ketinggalan informasinya silahkan bisa baca ditulisan sebelumnya.

Nah, menyambung dari tulisan sebelumnya tersebut, maka kali ini kita akan membahas langkah demi langkah membuat lembar atau buku tujuan keuangan kita.Kunci dari kesuksesan dalam latihan ini adalah Jujur.Banyak orang gagal dalam mencapai tujuan keuangan bahkan gagal dalam membuat daftar tujuan keuangan karena mereka tidak jujur terhadap diri sendiri.

Marilah kita lakukan beberapa langkah dibawah ini.Harap mengikuti instruksi dengan baik dan benar yaaaa. Step pertama,Ambil selembar kertas kosong, boleh kertas polos atau kertas tulis bergaris garis untuk anak sekolahan.

Pada tepi sebelah kiri dari kertas tersebut buat nomor urut kebawah 1 sampai 5 kemudian skip 1 baris, kemudian lanjutkan ke nomor 6 sampai 10, skip lagi satu baris, dan lanjut ke nomor 11- sampai 15.Sebagai contoh kita buat sebanyak 15 saja dulu sebagai bahan untuk latihan, nanti anda bisa membuat lebih lengkap lagi sendiri.

Step kedua, Di nomor 1 sampai dengan 5 saja, tuliskan keinginan dan tujuan keuangan anda yang ingin tercapai selama 2015 ini saja, tujuannya bisa apapun bentuknya.

Maksudnya dari kalimat sebelumnya ini adalah di nomor 1 sampai 5 tujuan apa saja yang anda ingin terjadi ditahun 2015 ini saja ya, misalnya umroh, jalan-jalan ke Bangkok, ganti mobil dan lain sebagainya.

Untuk di nomor 6 sampai 10 tuliskan keinginan dan tujuan keuangan yang ingin anda capai 5 tahun kedepan mulai 2016 sampai 2021.Tujuan keuangan ini bisa dilaksanakan ditahun-tahun tersebut, bisa juga dimulai ditahun tersebut. Contoh tujuan keuanga antara lain:mau naik haji 3 tahun lagi, mau DP apartemen 4 tahun lagi, mau ambil sekolah S2 2 tahun lagi dan seterusnya.

Sementara itu untuk nomor 11 sampai 15 masukan keinginan dan tujuan anda diatas 5 tahun lagi, misalnya kuliah anak, pensiun dll.

Step ketiga, Nah disebelah tujuan-tujuan keuangan tersebut masukan tahun spesifik kapan tujuan keuangan tersebut ingin tercapai (kalau bisa ada tanggal & bulan lebih bagus).Contoh untuk nomor 1 sampai 5, tujuan keuangan jalan-jalan ke Bangkok 20 Juni 2015, Umroh Agustus 2015, dan seterusnya.

Contoh untuk nomor 6 sampai 10, tujuan keuangan adalah DP apartemen January 2020, ambil sekolah S2 September 2017, menikah February 2019 dan seterusnya. Lakukan hal yang sama juga untuk goal nomor 11 sampai 15, tempatkan tahun-tahun disesuaikan dengan tujuan keuangan masing-masing.

Step berikutnya, Setelah melakukan hal diatas maka disebelahnya masukan biaya dari masing-masing tujuan keuangan atau goal tersebut.Biaya yang dimasukan menggunakan biaya dengan nilai nominal sekarang atau saat ini.Anda kemudian bisa melihat dan menjumlahkan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan anda.

Dengan menggunakan kalkulator financial, anda bisa tahu berapa besar biaya-biaya tersebut dibutuhkan kemudian harinya.Juga dengan menggunakan kalkulator financial, anda bisa menghitung berapa besar dana yang harus anda investasikan atau cicilkan setiap bulannya.

Selamat, anda sudah berhasil membuat tujuan keuangan dan tujuan hidup dengan baik. Now it’s time to implement it.

Kalau masih bingung, Pengen tau yang lebih baik dan benar serta detil, bisa liat disini > http://bit.ly/2pm15 , atau anda juga bisa belajar berinvestasi disini > http://bit.ly/2cmf15 , atau mungkin anda yang sudah kejeblos dan merasa salah beli asuransi bisa di cek disini > http://bit.ly/nlp28feb , dan yang paling terpenting adalah tidak salah dalam berkomunikasi, bisa di cek disini > http://bit.ly/nlp1mar . Yang males buka, bisa juga telpon ke 021.44635752atau BBM ke PIN.

Follow akun twitter saya @AidilAKBAR , akun instagram di Aidil Akbar Madjid dan baca artikel lainnya di situs www.AidilAkbar.com

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan