Mohon tunggu...
saidatur rosidah
saidatur rosidah Mohon Tunggu... skip this part

UIN Walisongo'18, Tasawuf dan Psikoterapi, 1804046059

Selanjutnya

Tutup

Travel

Desa Rahtawu: Wisata Alam Murah Meriah bersama Keluarga

16 Mei 2021   18:46 Diperbarui: 16 Mei 2021   18:52 143 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Desa Rahtawu: Wisata Alam Murah Meriah bersama Keluarga
gapura desa rahtawu (Dokpri)

Desa Rahtawu terletak di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Letaknya yang berada di lereng gunung muria dengan ketinggian 1.627 m dari permukaan air laut membuatnya dikenal dengan pesona alamnya yang indah luar biasa.

Memiliki banyak tempat-tempat wisata yang telah dikenal oleh masyarakat Kudus dan sekitarnya membuatnya menjadi favorit bagi masyarakat untuk dikunjungi saat akhir pekan maupun saat libur nasional. Beberapa tempat wisata yang dapat ditemui adalah Bukit Krobo'an, Bukit Menawan (waterpark & mini garden), Sendang Pojok, Bukit Coffee, Kali Pethuk, dan Puncak Semliro.  Tak ayal Desa Rahtawu  menjadi tempat favorit untuk berwisata dengan keluarga atau untuk sekedar bersantai melepaskan penat di akhir pekan.

Untuk menuju ke Desa Rahtawu sendiri dibutuhkan waktu 40 menit dari pusat kota Kudus dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dalam perjalanan, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan alam khas pegunungan yang hijau dan asri serta batuan-batuan terjal yang menjadi ciri khas pegunungan. Namun, jika Anda ingin kesana, maka harus pastikan bahwa pengemudi tidak mengantuk, karena jalan yang cukup sempit untuk dua mobil, dan banyaknya tanjakan serta turunan, serta  belokan-belokan tajam yang siap menyambut kedatangan Anda. Maka dari itu, diperlukan kewaspadaan yang cukup  dan kondisi kendaraan yang prima untuk dapat mencapai tempat wisata yang dituju, karena tak jarang pengemudi yang motornya mogok di jalan atau tidak kuat menanjak.

pemandangan alam desa rahtawu (dokpri)
pemandangan alam desa rahtawu (dokpri)

Di sepanjang jalan menuju tempat wisata, pengunjung dapat menemukan banyaknya penduduk setempat yang menjajakan jajanan tertentu yang banyak ditemui di lereng muria. Misalnya Kopi Rahtawu yang rasa pahitnya tidak akan berubah bahkan jika ditambahkan dengan banyak gula, atau es kelapa muda yang kelapanya baru dipetik dari pohon, atau juga makanan-makanan seperti rica-rica enthok dan swike enthok yang menjadi favorit para wisatawan karena rica-rica yang dibuat di rahtawu ini memiliki citarasa tersendiri yang mampu membedakannya dengan rica-rica di tempat lainnya.

Secara keseluruhan, ada 2 tempat wisata favorit para wisatawan saat mengunjungi desa wisata Rahtawu ini. Pertama adalah Wisata Kali Pethuk yang menyajikan panorama langsung dari gunung muria dan aliran sungai dengan batu-batu terjal nan tinggi yang berada di sampingnya, sehingga menjadi tempat favorit bagi keluarga yang ingin membawa anak-anak dalam perjalanannya karena ada wahana kolam renang untuk bermain anak dan banyak spot-spot foto yang ciamik di dalamnya. Kedua adalah Puncak Semliro, yang letaknya berada di puncak gunung, menyajikan hawa yang dingin dan sering kali berkabut, menyediakan kafe yang dipenuhi oleh menu makanan ringan dan aneka macam kopi khas muria, sehingga cocok bagi anak-anak milenial penikmat kopi.

wisata kali pethuk (dokpri)
wisata kali pethuk (dokpri)

Untuk biayanya, pengunjung hanya cukup merogoh kocek  untuk biaya parkir kendaraan dan untuk membeli makanan atau minuman di warung atau kafe yang tersedia (jika Anda merasa lapar atau haus). Namun untuk biaya masuk ke wisatanya sendiri, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk melakukan aktivitas apapun didalamnya dan sampai seharian penuh tidak dipungut biaya apapun. Penduduk biasanya mendirikan warung yang menyediakan keperluan-keperluan pengunjung seperti makanan berat (nasi dengan aneka macam lauk pauk), minuman, makanan ringan, hingga alat-alat mandi seperti sabun dan sikat gigi dengan harga yang bervariasi.

Bagi kamu yang tengah penat dengan pekerjaan, perkuliahan, butuh liburan, maupun sedang mencari tempat jalan bareng bersama keluarga atau teman-teman, tentu bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata bagi kalian untuk didatangi. Merasakan dinginnya air pegunungan muria di cuaca yang panas terik sekalipun, merasakan sejuknya hawa pegunungan di tengah matahari yang bersinar cerah, dan pemandangan alam pegunungan yang tak akan pernah bosan untuk dikagumi ini!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x