Mohon tunggu...
Ahmad Yudi S
Ahmad Yudi S Mohon Tunggu... #Ngopi-isme

Aku Melamun Maka Aku Ada

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Merasa Salah Masuk Jurusan? Cobain Tips Berikut Ini

15 November 2018   20:38 Diperbarui: 15 November 2018   21:15 0 1 0 Mohon Tunggu...
Merasa Salah Masuk Jurusan? Cobain Tips Berikut Ini
Sumber : Okezone News

Melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan semua orang, terutama yang baru lulus di tingkat SMA/SMK. Melanjutkan pendidikan tinggi selain untuk menambah ilmu dan keterampilan, juga sebagai modal ketika melamar pekerjaan kelak setelah wisuda.

Namun, adakalanya kita dibuat kebingungan bahkan merasa salah masuk jurusan ketika telah berada di semester berjalan di sebuah jurusan. Perasaan salah masuk jurusan biasanya timbul atau disadari ketika berada di semester berjalan seperti merasa tidak sesuai dengan passion atau mata kuliah yang sulit dipelajari, bahkan merasa tidak sesuai dengan cita-cita setelah lulus kelak.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan bila merasa salah masuk jurusan :

1. Jangan Menyalahi Keadaan

Suratkabar.id
Suratkabar.id
Merasa salah masuk jurusan jangan lantas menyalahi keadaan. Hal yang perlu ditanam dalam diri adalah positif thinking dan mensyukuri atas nikmat yang dikaruniakan Tuhan. Mungkin saja kita kurang mengenal atau memahami jurusan yang saat ini kita jalani.

2. Pelajari dan Kenali Jurusanmu

Tigapilarnews.com
Tigapilarnews.com

Mempelajari dan mengenali jurusan sangatlah penting. Bila telah mengenali jurusan yang kita jalani, kita akan mengetahui gambaran atau target yang hendak dicapai. Salah jurusan bukan berarti masa depan belum cerah, namun jadikan motivasi dalam menggali potensi diri di bidang yang berbeda.

3. Cari Referensi tentang Peluang Pekerjaan

Plukme
Plukme
Salah jurusan bahkan membenci jurusan karena terpaksa mengambil jurusan yang tidak sesuai keinginan bukan berarti menjadi pilihan terburuk, namun bisa jadi rezekimu ada di jurusan tersebut. Cobalah mencari referensi mengenai peluang pekerjaan dari jurusan yang kamu ambil. Lagipula, banyak lulusan yang mendapatkan pekerjaan di luar jurusan dan lebih baik ketimbang pekerjaan yang sejalur dengan jurusan.

4. Perbanyak Relasi dan Pengalaman

Sumber : Ibnu Arsib Ritonga
Sumber : Ibnu Arsib Ritonga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2