Mohon tunggu...
Ahmad Wahyudi
Ahmad Wahyudi Mohon Tunggu... Guru - Ahmad Wahyudi,M.Pd Guru Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto

hobi menulis, mengajar dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

9 Desember 2022   16:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   16:04 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


BEST PRACTICE 

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

 

PPG DALAM JABATAN KATEGORI 2

UNIVERSITAS SANATA DHARMA  

TAHUN 2022

 

Lokasi

SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Penulis

Ahmad Wahyudi

Tanggal

25 November 2022

  • Peningkatan mutu pendidikan sangat berkaitan erat dengan proses pendidikan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Selain itu,  sarana pembelajaran yang inovatif juga sangat dibutuhkan untuk memajukan  kualitas pendidikan Indonesia. Dalam kegiatan belajar mengajar siswa akan memahami materi pelajaran yang baik bila terjadi kerjasama antara guru dan siswa.
  • Guru harus mempunyai kreativitas dan ide-ide baru untuk mengembangkan cara penyajian materi pelajaran di sekolah. Dalam penyajian materi seorang guru harus pandai memilih metode, pendekatan, strategi dan media yang tepat serta cara penguasaan kelas yang sesuai dengan kondisi agar siswa tidak merasa bosan tapi justru malah tertarik untuk belajar.
  • Masalah yang terjadi adalah guru tidak menerapan model pembelajaran inovatif hal itu menjadikan proses pembelajaran yang monoton dan tidak interaktif, berpusat ke guru bukan ke siswa. Berdasarkan uraian tersebut, guru harus melaksanakan pembelajaran yang inovatif.
  • Dari masalah tersebut dipilihlah salah satu caranya adalah dengan menjadikan peserta didik sebagai pusat kegiatan untuk menghasilkan suatu produk di akhir pembelajaran. Pembelajaran semacam ini disebut sebagai project based learning. Pembelajaran project based learning melatih sikap proaktif, mengasah kemampuan, menyelesaikan permasalahan yang kompleks dan nyata dan pemanfaatan alat, bahan belajar disekitar untuk menunjang kreativitas peserta didik serta Melatih sifat kolaboratif peserta didik.
  • Dengan menggunakan model pembelajaran tersebut peserta didik dapat menemukan konsep sendiri, sehingga konsep tersebut benar-benar tertanam dalam diri peserta didik, peserta didik juga mengerti dan memahami proses serta hasil dari pembelajaran tersebut dengan jelas. Harapannya siswa yang memahami dengan jelas dapat mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari serta mengajak orang lain untuk melakukanya.
  • Kegiatan pembelajaran berpusat ke peserta didik ini menjadikan guru sebagai fasilitator dan pengarah dalam keberlangsungan proses pembelajaran. Guru mendisain, mengarahkan, memastikan proses bembelajaran sesuai dengan tujuan dan capaian yang akan diperoleh peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun