Mohon tunggu...
Ahmad Suhada
Ahmad Suhada Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Gabut² Baca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tips bagi yang Kesulitan dalam Mengajar Siswa Diskalkulia

23 November 2022   21:53 Diperbarui: 23 November 2022   22:20 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Melansir Child Mind Institute, diskalkulia adalah jenis gangguan belajar  dimana anak mengalami ketidakmampuan dalam  belajar spesifik terhadap operasi matematika ataupun angka. Diperkirakan sebanyak 5-7% anak- usia sekolah dasar (SD) mengalami hal ini baik dari kalangan laki-laki maupun perempuan. perlu dipahami, diskalkulia bukan hanya sekedar kesulitan memahami matematika. 

Kondisi ini lebih serius daripada melakukan kesalahan dalam menentukan hasil dalam pengoperasian pertambahan, perkalian, dan lainnya. Hal ini tentu menjadi tantangan  tersendiri bagi para guru  dalam memahamkan muridnya terutama guru matematika. Kesulitan belajar ini dapat ditangani dengan tips-tips pembelajaran sebagai berikut :

1. Memberikan contoh yang konkrit

Memahami konsep matematika sangat sulit bagi pengidap diskalkulia. Maka, pemberian gambaran yang jelas harus diberikan terkait dengan konsep matematika yang sedang dipelajari. Contohnya, ketika memecahkan soal cerita siswa diajak untuk membayangkan dengan kehidupan nyata.

2. Memvisualisasikan tanda atau simbol

Visualisasi tanda  akan sangat membantu proses belajar siswa diskalkulia. Tips ini akan membuat mereka lebih mudah dalam memahami makna setiap tanda. Contohnya simbol plus (+) yang dimaknai dengan datang sehingga sesuatu menjadi lebih banyak.

3. Belajar sambil bermain

Kerap kali pelajaran matematika menjadi pelajaran yang ditakuti siswa diskalkulia. Maka membuat matematika menjadi hal yang menarik sangat diperlukan. Contohnya dengan permainan lari-lari dengan menyuruh siswa bergabung ke suatu kelompok yang berarti kelompok tersebut mengalami pertambahan dan sebaliknya.

4. Tampilkan kepercayaan diri

Sesering mungkin guru menumbuhkan motivasi atau kepercayaan kepada siswa diskalkulia bahwa mareke bisa. Jangan membandingkan proses belajar mereka dengan siswa lainnya. Jangan adakan pemaksaan atau penargetan kepada mereka. Suasana yang positif, santai atau tidak ada pemaksaan dan nyaman, akan membuat siswa lebih percaya diri dan lebih senang belajar.

5. Gunakan warna atau animasi menarik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun