Mohon tunggu...
Ahmad Sidiki
Ahmad Sidiki Mohon Tunggu... Penerjemah - Mahasiswa

Uin antasari

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PTK

3 Januari 2023   15:07 Diperbarui: 3 Januari 2023   15:36 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LAPORAN 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN  KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL AL-QUR'AN SURAH AL-FALAQ KELAS IV UNTUK SEKOLAH DASAR

 

 

PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN  KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL AL-QUR'AN SURAH AL-FALAQ KELAS IV UNTUK SEKOLAH DASAR

Disusun untuk memenuhi tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan 2022

Angkatan III

LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Antasari Banjarmasin

Dosen Pembimbing: Dr.Inna Muthmainnah, MA

Guru Pamong : Ahmad Kamaludin, S.Pd.I

 

 

Disusun Oleh:

AHMAD SIDIKI

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU 

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN

2022

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN  KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL AL-QUR'AN SURAH AL-FALAQ KELAS IV UNTUK SEKOLAH DASAR

 

Telah diperiksa dan diterima untuk memenuhi tugas

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2022

Angkatan III

LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Antasari Banjarmasin

Hari         : Sabtu

                   Tanggal      : 24 Desember 2022

Dosen Pembimbing                                                                 Guru Pamong

                                                                                                      

Dr. Inna Muthmainnah, MA                                            Ahmad Kamaludin, S.Pd.I

NIP: 19691024 199503 2 003                                                     NIP: 198006172014061003

Mengesahkan

Ketua LPTK/ Dekan FTK UIN Antasari Banjarmasin

Dr. H. Hamdan, M.Pd.

KATA PENGANTAR

 

Segala puji hanya milik Allah Swt, shalawat dan salam kepada Rasulullah saw yang telah membimbing umat manusia melalui lembaga pendidikan terbaik. Alhamdulillah, Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul "PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN  KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL AL-QUR'AN SURAH AL-FALAQ KELAS IV UNTUK SEKOLAH DASAR" dapat diselesaikan sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kami mengucapakan terima kasih kepada:

  • Dr. H. Hamdan, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan/Ketua LPTK UIN Antasari Banjarmasin yang telah memberikan izin serta dukungan secara moral maupun materiil dalam penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2022. 
  • Drs. H. Murdan, M.Ag., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru FTK UIN Antasari Banjarmasin yang telah memberikan layanan dan fasilitas dalam menempuh kegiatan PPG Dalam Jabatan 2022 ini.
  • Dr.Inna Muthmainnah, MA dan Ahamad Kamaludin, S.Pd.I selaku Dosen Pembimbing dan Guru Pamong yang telah banyak memberikan bimbingan, saran, dan motivasi dalam penyusunan Laporan PTK ini. 
  • Muhammad Insanul Kamil, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SDN Kebun bunga 3 Banjarmasin
  • Seluruh tim panitia penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan 2022 yang telah memfasilitasi dan mendampingi rangkaian kegiatan dengan sabar.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih belum sempurna dan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan kami. Penulis berharap mudah-mudahan penelitian ini bermanfaat bagi semua pihak terkait.

Penulis

 

ABSTRAK 

Ahmad Sidiki, 2022. PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL AL-QUR'AN SURAH AL-FALAQ KELAS IV UNTUK SEKOLAH DASAR. Program Studi Pendidikan Profesi Guru FTK UIN Antasari Banjarmasin. Di Bimbing oleh Dr.Inna Muthmainnah, MA dan Ahamad Kamaludin, S.Pd.I.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran proses pembelajaran siswa sebelum penerapan metode Drill dan 2) Mengetahui penerapan metode Drill dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmsin.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmsin yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa apabila apa yang di inginkan peneliti sudah tercapai sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.

Kata kunci :Metode Drill dan menghafal surah al-Falaq

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman Sampul...............................................................................................

Halaman Pengesahan........................................................................................

Kata Pengantar.................................................................................................

Abstrak............................................................................................................. ..

Daftar Isi..........................................................................................................

BAB I  PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Masalah.................................................................
  • Permasalahan..................................................................................
  • Identifikasi Masalah.......................................................................
  • Rumusan Masalah.......................................................................
  • Cara Pemecahan Masalah
  • Tujuan Penelitian.........................................................................
  • Manfaat Penelitian......................................................................
  • Definisi Istilah.............................................................................
  • Hipotesis Tindakan......................................................................

BAB II KAJIAN PUSTAKA

  • Kajian Terdahulu.........................................................................
  • Kajian Teori.................................................................................
  • Kemampuan menghafal surah al-falaq...................................
  • Metode driil............................................................................

BAB III METODE PENELITIAN....................................................................

  • Pendekatan dan Jenis Penelitian.................................................
  • Lokasi, Waktu, dan Subyek Penelitian.......................................
  • Prosedur Penelitian......................................................................
  • Pelaksanaan Siklus Penelitian......................................................
  • Teknik Pengumpulan Data..........................................................
  • Instrumen Penelitian .....................................................................
  • Teknik Analisis Data...................................................................
  • Keabsahan Data.............................................................................
  • Indikator Keberhasilan................................................................

BAB IV Hasil dan Pembahasan.......................................................................

  • Gambaran Obyek Penelitian.................................................................
  • Hasil Penelitian.....................................................................................
  • Pelaksanaan Siklus 1
  • Pelaksanaan Siklus 2
  • Pelaksanaan Siklus 3
  • Pembahasan..........................................................................................

BAB V  PENUTUP

  • Simpulan...............................................................................................
  • Saran-saran...........................................................................................

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1. RPP Siklus 1,2 dan 3

Lampiran 2. Instrumen Observasi

Lampiran 3. Foto-foto

 

 

 

BAB I 

PENDAHULUAN

 

  • Latar Belakang Masahah

Kemampuan menghafal siswa mencakup tiga aspek, yaitu: pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pembelajaran yang berbasis kompetensi adalah pembelajaran memiliki standar, standar adalah acuan bagi guru tentang kemampuan yang menjadi fokus pembelajaran dan penilaian.[1]

 

Kemampuan membaca huruf hijaiyah merupakan modal utama yang dapat membantu siswa dalam membaca surah al-Falaq. Dalam pembelajaran agama Islam siswa harus memiliki kemampuan dalam menghafal al- Qur'an. Terutama pada materi surat Al-Falaq, dimana indikatornya mengharapkan siswa membaca, mengartikan, menghafal dan menyalin surat Al-falaq. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal dapat dilakukan dengan metode atau strategi pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.

 

                        Salah satu metode yang menjadikan siswa mampu menghafal surah al-Falaq adalah metode Drill. Metode latihan merupakan metode pembelajaran yang digunakan untuk memperoleh ketangkasan atau keterampilan dalam menghafal surah al-Falaq yang diulang-ulang sampai siswa hafal dengan bacaan tanpa melihat teks. Dalam pembelajaran agama Islam, materi bisa diajarkan dengan metode ini karena bersifat pembiasaan, dan mampu membacanya tanpa teks sehingga sudah menjadi terbiasa atau sudah hafal dengan Bacaan  surah al-Falaq. Sedangkan metode yang biasa digunakan oleh guru di SDN Kebun Bunga 3 hanya dengan mendemonstrasikan bacaan surah al-Falaq, tanpa mengulang-ulangnya. Sehingga untuk pembelajaran kedepannya di SDN Kebun Bunga 3 menggunakan metode Drill yang memiliki kelebihan siswa mampu membaca dan menghafal surah al-Falaq dengan mengulang-ulangnya tanpa teks. Proses interaksi ini akan berjalan dengan baik kalau murid banyak aktif dibandingkan dengan guru. Oleh karena itu metode mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar murid.

 

Berdasarkan hasil evaluasi di SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin. Dari data yang diperoleh dengan jumlah siswa 24 orang , 8 orang yang mampu menghafal surah al-Falaq. Setelah diamati maka penulis menemukan gejala-gejala sebagai berikut:

 

  • Siswa belum mengetahui surah al-Falaq yang harus dibaca.   

 

  • Siswa tidak bisa membaca surah al-Falaq.

 

  • Siswa tidak hafal dengan surah al-Falaq.

 

  • Guru belum menggunakan metode yang efektif dalam pembelajaran PAIBP menghafal surah al-Falaq. [2]

 

Berdasarkan pengamatan dan fenomena dilapangan penulis berkeinginan untuk melakukan perbaikan agar para siswa mampu menghafal surah al-Falaq dengan benar dan lancar dan penulis ingin mengetahui apakah dengan menerapkan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan siswa menghafal surah al-Falaq pada mata pelajaran Agama Islam dan budi pekerti kelas IV  SDN Kebun Bunga 3.

 

Identifikasi Masalah dan Rumusan   Masalah

 

  • Identifikasi Masalah

    • Permasalah yang kami temui dalam kegiatan pembelajan adalah sebagai berikut:
    • Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menghafal surah Al-Falaq dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin
    • Kesulitan peserta didik dalam menghafal surah Al-Falaq pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  Kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin
  • Rumusan Masalah
  • Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menghafal surah Al-Falaq dengan baik dan benar pada mata Pelajaran Agama Islam kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin?

 

 

Cara Pemecahan Masalah

 

     Dalam suatu kegiatan pembelajaran, sebuah permaslahan pasti terjadi, karna hal tersebut adalah salah satu sunnatullah dari dunia pendidikan, maka sudh menjadi tugas kita sebagai guru untuk mencari dan menemukan cara pemecahannya. Adapun yang akan kami lakukan dalam hal ini antara lain:

 

  • Melakukan wawancara bersama beberapa, peserta didik, terkait dengan masalah yang hadapi oleh peserta didik
  • Menyusun dan membuat perencanaan dalam pembelajaran (RPP)
  • Menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan peserta didik
  • Setelah mengetahui permasalahannya maka kami melakukan pembelajaran dengan metode Drill

 

 

Tujuan Penelitian

 

 

  • Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah :
  • Meminimalkan kesalahan peserta didik dalam menghafal surah Al-Falaq pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
  • Meningkatkan kemampuan siswa menghafal surah Al-Falaq melalui penerapan metode drill.

 

 

Manfaat Penelitian

 

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan pihak sekolah.

 

  • Bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah al-Falaq.

 

  • Guru dapat menggunakan metode latihan dalam pembelajaran untuk  meningkatkan kemampuan siswa  menghafal surah al-Falaq.

 

  • Sekolah dapat menganjurkan kepada guru-guru untuk menggunakan metode latihan dalam pembelajaran menghafal surah al-Falaq serta yang berkaitan dengan pembelajaran agama Islam.

 

 

Definisi Istilah/Operasional

 

 

 

  • Metode Drill: Mengulang kembali materi dengan pemberian latihan, metode latihan untuk mendapatkan ketangkasan atau keterampilan dari apa yang telah dipelajari.

 

  • Kemampuan: Kompetensi yang harus dimiliki siswa setelah menyelesaikan  pembelajaran.

 

  • Menghafal : adalah suatu metode yang digunakan untuk mengingat kembali sesuatu yang pernah dibaca secara benar seperti apa adanya. Metode tersebut banyak digunakan dalam usaha untuk menghafal al-Qur'an dan al-Hadits.

 

  • Surah al-Falaq : Surah-surah yang di turunkan di Mekah yang berjumlah 5 ayat dan termasuk surah-surah pendek pilihan, dan               surah-surah ini di baca pada bacaan sholat.

 

 

Hipotesis Tindakan

 

 

 

       Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas bukan hipotesis perbedaan atau hubungan melainkan hipotesis tindakan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Penerapan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan menghafal surah al-Falaq pada mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti siswa kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin.

      BAB II

            KAJIAN PUSTAKA

 

Kajian Terdahulu

 

                   Penelitian yang Relevan, dari eberapa penelitian yang relevan dalam penelitian yang dilakukan penulis menyangkut tentang penggunaan metode drill yakni yang dilakukan upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill.

Dari beberapa penelitian yang ada dapat penulis analisis bahwa dengan menerapkan metode drill dalam pembelajaran mampu membuat siswa memiliki keterampilan mengulang-ulang tanpa teks.

Dari penelitian yang relevan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam penggunaan metode drill dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa, dalam penelitian yang penulis lakukan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Menghafal surah al-falaq dengan lancar dengan cara latihan-latihan yang diberikan.

Diantara kajian terdahulu yang penulis dapatkan adalah:

Dalam kajian sebuah jurnal dengan judul "PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH-SURAH PENDEK PELAJARAN PAI KELAS IV SDN PALIMBANG GUSTI 2".[1]

 

Dalam sebuah jurnal yang berjudul  "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Qur'an hadits materi Q.S. An-nasr dan Q.S. Al-kautsar melalui penerapan metode drill kelas IV MIN 8 Aceh Barat Daya"[2]

 

Dalam kajian sebuah jurnal yang berjudul "Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Hapalan Surah Pendek Siswa Tkit Al-husna Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kampar".[3]

 

 

Kajian Teori

 

 

Kemampuan Menghafal  Al-Qur'an surah al-Falaq

 

                                         

 

Menurut Gordon, seperti yang dikutip Ramayulius kemampuan (skill) adalah sesuatu yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya.[4] Adapun kemampuan yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah penguasaan siswa dalam menghafal surah al-Falaq dari ayat 1-5.

 

Membaca al-Quran dijadikan sebagai salah satu materi ajar yang dimasukkan kedalam kurikulum SD yang harus dikuasai siswa. Penguasaan dalam membaca al-quran dapat ditujukan dari kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an dengan benar. Memahami bacaan dengan benar akan menuntun siswa dapat menghafal al-Qur'an dengan benar.

 

Dalam meghafal surah al-Falaq membutuhkan konsentrasi, dengan ilmu tajwid yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul harf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustahaqqul harf) dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum madd. Sama halnya menghafal dengan membaca, yang membedakan antara membaca dan menghafal adalah:

 

Membaca melihat teks

 

Menghafal tanpa melihat teks.[5]

 

 

Metode Drill

 

Metode Drill adalah metode yang mengajarkan siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari pada hal-hal yang telah dipelajari.[6] Menurut Zakiah Daradjat dkk, Latihan dimaksud agar pengetahuan dan kecakapan tertentu dapat menjadi milik anak didik dan dikuasai sepenuhnya, sedangkan ulangan hanyalah untuk sekedar mengukur sejauh mana anak telah menyerap pengajaran tersebut. Drill merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan - latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Kata latihan mengandung arti bahwa sesuatu itu selalu diulang-ulang, akan tetapi bagaimanapun juga antara situasi belajar yang pertama dengan situasi belajar yang realistis, ia akan berusaha melatih keterampilannya.[7] Metode Drill merupakan metode pembelajaran yang digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan atau keterampilan dari apa yang telah dipelajari.[8] Dari pengertian di atas dapat penulis simpulkan bahwa metode Drill merupakan metode yang dapat menjadikan siswa mampu menghafal bacaan tanpa teks, hanya dengan menerapkan latihan yang terus menerus sampai kepada hafalnya siswa dengan suatu bacaan.

 

Secara umum pembelajaran dengan metode Drill bertujuan  agar siswa memiliki kemampuan motoris atau gerak, seperti menghafal bacaan sholat. Dengan menggunakan metode Drill dengan baik akan menghasilkan siswa yang dapat mempergunakan daya berfikir dan menambah pengetahuan.

 

                                      Kelebihan Metode Drill Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru PAIBP dalam proses penggunaan metode drill tersebut yang dilihat dari aspek kelebihan. Kelebihan ini sekaligus sebagai kekuatan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode drill. Kelebihan metode drill adalah sebagai berikut: Pertama, pengertian peserta didik lebih luas melalui latihan berulangulang. Kelabihan ini menggambarkan bahwa dengan penggunaan metode drill peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAIBP akan memiliki pengertian lebih luas karena latihan yang dilakukan dengan berulang. Tentu bila materi yang diajarkan seorang guru PAI dilakukan secara berulang-ulang akan membuat pemahaman peserta didik lebih luas dan tepat. Kedua, peserta didik siap menggunakan keterampilannya karena sudah dibiasakan. Metode drill yang dilaksanakan oleh guru PAI membuat ketarampilan para peserta didik lebih siap dia pergunakan. Bila pengetahuan terkait dengan aktivitas fisik yang menuntut pada suatu keterampilan, maka harus dikuasai latihan tertentu yang dilakukan secara berulang-ulang akan lebih mudah dikuasai dibanding dengan pembelajaran yang bersifat verabalistik semata.

 

                                    Di samping kelebihan yang telah diuraikan di atas, terdapat pula beberapa kelemahan dan sekaligus hal ini menjadi perhatian yang perlu dihindari oleh guru PAI dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, dapat lihat dalam uraian berikut. Pertama, peserta didik cenderung belajar secara mekanis. Disebabkan matode ini dengan penggunaan latihan yang berulang-ulang maka peserta didik dalam pembelajarannya cenderung seperti mekanis. Hal dikarenakan peserta didik hanyalah mengikuti pembelajaran sesuai dengan teori-teori yang ada. Membentuk kebiasaan yang kaku. Kebiasaan yang kaku artinya seolah-olah peserta didik melakukan sesuatu secara mekanis, dalam dalam memberikan stimulus peserta didik bertindak secara otomatis. Kedua, dapat menyebabkan kebosanan. Penggunaan metode drill bila kurang dapat dikuasai oleh guru PAI akan membuat peserta didik merasa bosan dalam pembelajaran, karena bentuknya hanya itu-itu saja.[9]

 

Dari kelemahan yang terdapat dalam menggunakan metode Drill dapat diatasi dengan memperhatikan dengan memberikan arahan, respon, penjelasan-penjelasan tentang latihan yang diberikan kepada siswa.

 

BAB III 

METODE PENELITIAN

 

  • Pendekatan dan jenis penelitian
  •  
  •       Jenis Data

            Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan test untuk data kualitatif dan untuk penilaian hasil kemampuan siswa menghafal surah Al-Falaq sebagai data kuantitatif.

            Untuk keperluan analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tugas siswa yang dilakukan dua kali penilaian terhadap kemampuan siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III. Untuk keperluan analisis data kualitatif diperoleh dari kegiatan pengamatan dan test.

  • Teknik Pengumpulan Data

  • Aktivitas Belajar

            Yaitu data tentang aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran yang diperoleh melalui lembaran observasi

  • Rencana Pembelajaran

            Yaitu data tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri dari RPP I pada siklus pertama, RPP  II pada siklus kedua dan RPP III pada siklus ketiga.

  • Data hasil observasi terhadap pelaksanaan
  • Pembelajaran  Terlampir

  • PengumpulanData
  • Tes Kemampuan

            Tes kemampuan dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa menghafal surah Al-Falaq. Tes kemampuan dilakukan dengan menghafal  surah Al-Falaq.

  • Observasi

            Untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui kemampuan menghafal surah Al-Falaq siswa pada pelajaran agama Islam dengan menggunakan metode Drill, dapat     diketahui dari:

  • Aktivitas Guru

            Aktivitas guru yang diamati adalah sesuai dengan tahapan atau langkah- langkah Drill sebagai berikut:

  • Guru dalam memilih surah Al-Falaq jangan sampai membosankan siswa, karena itu waktu yang digunakan cukup singkat.
  • Guru dalam memberi latihan membaca surah al-Falaq betul-betul diatur sedemikian rupa sehingga latihan itu menarik perhatian siswa, dalam hal ini guru harus berusaha menumbuhkan motif untuk berfikir.
  • Guru dalam memberikan latihan menghafal surah  Al-Falaq, agar siswa memiliki kemampuan.
  • Guru membeikan latihan terus menerus sehingga menghafal surah Al- Falaq  lancar
  • Agar siswa tidak ragu, maka siswa lebih dahulu diberikan pengertian dasar tentang materi surah Al-falaq yang akan diberikan.

            Untuk mengetahui aktivitas guru, diberi rentang nilai 5 hingga 1, skor 5 untuk kriteria (sangat sempurna), 4 untuk kriteria (sempurna), 3 untuk kriteria (cukup sempurna), 2 untuk kriteria (kurang sempurna), 1 untuk kriteria (tidak sempurna).

            Menentukan klasifikasi tingkat aktivitas guru dengan metode Drill ada 5 aktivitas, maka nilai maksimal untuk tiap siswa 25 (5x5) dan skor terendah 5 (5x1). Selanjutnya melakukan klasifikasi rentang nilai aktivitas dalam menggunakan metode Drill.

            Menentukan 5 klasifikasi tingkat kesempurnaan guru dalam menggunakan metode Drill  dapat dihitung dengan cara:

  • Menentukn jumlah klasifikasi yang diinginkan, yaitu 5 klasifikasi yaitu sangat sempurna, sempurna, cukup sempurna, kurang sempurna dan tidak sempurna.
  • Menentukan interval ( I ), yaitu: I =     25 -5 = 4

5

  • Menentukan tabel klasifikasi standar penerapan metode Drill, yaitu:

Sangat sempurna, apabila 26 - 30

                     

Sempurna, apabila 21 - 25

Cukup sempurna, apabila 16 - 20

Kurang sempurna, apabila 11 - 15

Tidak sempurna, apabila 6 -10

  • Aktivitas siswa

            Adapun aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diamati sesuai dengan tahapan atau langkah-langkah metode Drill yakni sebagai berikut:

  • Siswa beserta guru membaca surah Al-Falaq yang sudah ditentukan.
  • Siswa memperhatikn guru membaca surah Al-Falaq yang sudah ditentukan.
  • Siswa mengulang melafazkan bacaan surah Al-Falaq
  • Siswa memperhatikan guru menghafal surah Al-Falaq
  • Siswa- siswa membacanya sendiri tanpa diikuti oleh guru.
  • Siswa mengulang-ulang kembali bacaan dari hafalan  surah Al-Falaq.
  • Siswa menyimpulkan isi dari bacaan surah Al-Falaq.

            Pengukuran terhadap instrumen aktivitas siswa adalah dilakukan = 1, tidak dilakukan = 0. Sehingga apabila siswa melakukan seperti harapan pada semua komponen, maka skor maksimal adalah( 7 x 20) 140. Menentukan 4 klasifikasi aktivitas dalammeningkatkan keterampilan menghafal dengan metode Drill dapat dihitung dengan cara:

  • Menentukan jumlah klasifikasi yang diinginkan, yaitu 4 klasifikasi sangat tinggi, tinggi, rendah dan rendah sekali.
  • Interval (I), yaitu I=skor mak - skor min = 140 -- 0 = 35

4    4

  • Menentukan tabel klasifikasi standar keterampilan menghafal melalui metode Drill yaitu:

Sangat tinggi

76-100

Tinggi

61-75

Rendah

36-60

Sangat rendah

-- 35


  •  Lokasi, Waktu dan Subjek Penelitian
  • Lokasi Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin

  • Waktu Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan pada hari Senin, 19 Desember 2022 .

  • Subjek Penelitian

            Subjek dalam penelitian ini guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dan siswa dengan jumlah 24  siswa. Objek penelitian adalah Metode Drill dan kemampuan menghafal surah al-Falaq pada pelajaran agama Islam dan Budi pekerti siswa kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin.


  • Prosedur penelitian

            PTK ini akan direncanakan pelaksanaannya sebanyak tiga siklus untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal surah Al-Falaq melalui penggunan metode Drill. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin. Jumlah siswanya yang dijadikan subjek 24 siswa.

            Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penggunaan model pembelajaran  Drill atas tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.

  • Perencanaan
  • Menetukan jumlah siklus, yaitu sebanyak tiga siklus.
  • Menentukan materi pembelajaran
  • Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Membuat alat evaluasi (instrumen)
  • Membuat lembar observasi

  • Pelaksanaan

            Pada tahap ini dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode     Drill dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kegiatan awal : (lebih kurang 5 menit)
  • Guru mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pelajaran.
  • Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
  • Guru melakukan absensi
  • Guru menjelaskan SK, KD, Indikator dan tujuan pembelajaran.
  • Kegiatan Inti; ( 20 menit)
  • Guru menggali pengetahuan awal siswa mengenai bacaan surat Al-Falaq
  • Guru menjelaskan tentang Bacaan surat Al-Falaq
  • Guru    memberikan    kesempatan    kepada    siswa    untuk    mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dimengerti.
  • Guru menjelaskan tentang bacaan surat Al-Falaq.
  • Guru memberi contoh bagaimana melafalkan surat Al-Falaq.
  • Siswa menirukan guru melafalkan surat Al-Falaq.
  • Guru mengajak siswa melafalkan surat al-Falaq secara berulang-ulang.
  • Guru memerintahkan siswa bergantian melafalkannya di depan kelas
  • Guru memberikan hadiah kepada siswa yang sudah hafal surat Al-Falaq
  • Guru memberikan latihan kepada siswa
  • Kegiatan penutup: (10 menit)
  • Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
  • Guru mengadakan evaluasi.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa/kelompok yang lebih baik hasilnya.
  • Memberi PR
  • Pengamatan

            Pengamatan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar pengamatan (observasi) yang dilakukan oleh seorang observer adapun yang bertindak sebagai observer adalah ibu Noor Azizah, S.Pd sebagai guru kelas V SDN Kebun Bunga  3

  • Refleksi

            Data yang diperoleh dari kegiatan pengamatan dan hasil belajar siswa, kemudian dianalisis. Hasil kegiatan tersebut dapat menjadi pedoman untuk melakukan tindakan pada siklus berikutnya.

TABEL 13

KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH AL-FALAQ AYAT 1-5 SIKLUS KETIGA

No

Nama siswa

Indikator

Jumlah

Kategori

Menghafal

Tajwid

1

A. GRAFF NAUFAL AZZAM

40

30

70

Baik

2

ADELIA PUTRI

40

35

75

Baik

3

AHMAD DAILAMI

35

35

70

Baik

4

AHMAD FRASTIAN

45

35

80

Baik

5

ANDARA ANUGRAH

40

40

80

Baik

6

ANDIKA PRATAMA

40

40

80

Baik

7

AZAHRA DESWITA. M

45

30

75

Baik

8

FARAH RIZKA MYIESHA. N

45

35

80

Baik

9

FERA YULIANTI

40

35

75

Baik

10

HAFIZAH MUNIRAH

40

35

75

Baik

11

JENNIEHAIDA FAILA. P

40

35

75

Baik

12

M. NABIL

40

40

80

Baik

13

MARIAM MAULIDYA

45

35

80

Baik

14

MASRUROH

40

35

75

Baik

15

MUHAMMAD ALKALASAM

40

35

75

Baik

16

NOOR SYIFA

40

40

80

Baik

17

RAFIQA SAUDAH

40

35

75

Baik

18

SAFARINA

40

35

75

Baik

19

SITI HILYATUL AULIYA. A

35

35

75

Baik

20

SITI WARDAH

35

35

75

Baik

21

YASID AHMAD ALHABSYI

40

35

75

Baik

22

YASMIN KALISTA PUTRI

40

35

75

Baik

23

YULIANTI RAMADHINA

35

35

75

Baik

24

ZAHRATUN AZQYA

35

35

75

Baik

Jumlah

15,25

Rata-rata

76,25

           

            Berdasarkan table diatas, dapat dijelaskan bahwa kemampuan siswa menghafal surah al-Falaq ayat 1-5 secara klasikal tergolong tinggi dengan perolehan rata-rata 76,25, berada pada kelas interval 76- 100 pada kategori tinggi.

Refleksi

            Berdasarkan dari data perolehan nilai observasi terhadap kemampuan membaca dan menghafal surah al-Falaq ayat 1-5 melalui metode Drill pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin. secara klasikal tergolong baik, artinya dalam proses pembelajaran, kemampuan menghafal surah al-Falaq ayat 1-5 siswa telah mencapai target yang diharapkan.

  • Pembahasan
  •  
  • Aktivitas Guru

            Dari hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukan bahwa tingkat aktivitas guru mencapai skor 16-20 dengan kategori cukup. Pada siklus kedua aktifitas guru mencapai skor 18-20 dengan kategori cukup. Pada siklus III aktivitas guru mencapai skor 20 dengan kategori baik.

  • Aktivitas siswa

                    

            Berdasarkan hasil observasi pada siklus I aktivitas siswa mencapai skor berada pada interval 36-60 dengan kategori rendah. Pada siklus II berada pada interval 60-75 dengan kategori sedang. Dan pada siklus III berada pada interval 76-100 dengan kategori baik.

a) Kemampuan menghafal surah al-Falaq     

            Berdasarkan hasil observasi pada gejala  awal kemampuan menghafal surah al-afalaq diperoleh skor rata-rata 52,25, pada ka tegori rendah. Kemudian berdasarkan hasil observasi siklus pertama menunjukan bahwa kemampuan menghafal  surah al-Falaq skor rata-rata 54,75, masih pada kategori kurang. Dan pada siklus kedua terjadi peningkatan dalam menghafal  surah al-falaq dengan skor rata-rata 60, berada pada pada kategori cukup dan pada siklus yang ketiga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 76,25, berada pada kategori sangat baik.

            Perbandingan antara kemampuan menghafal surah al-falaq pada data awal, siklus I, siklus II dan siklus III secara jelas dapat dilihat pada table berikut ini:

TABEL 14

REKAPITULASI HASIL TES KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH AL-FALAQ  SEBELUM TINDAKAN, SIKLUS I,SIKLUS II, SIKLUS III

No

Nama siswa

Sebelum

tindakan

Siklus I

Siklus II

Siklus III

1

A. GRAFF NAUFAL. A

50

60

60

70

2

ADELIA PUTRI

50

60

60

75

3

AHMAD DAILAMI

45

55

60

70

4

AHMAD FRASTIAN

50

60

60

80

5

ANDARA ANUGRAH

55

60

60

80

6

ANDIKA PRATAMA

55

60

60

80

7

AZAHRA DESWITA. M

50

50

60

75

8

FARAH RIZKA MYIESHA. N

55

50

65

80

9

FERA YULIANTI

50

50

60

75

10

HAFIZAH MUNIRAH

50

50

65

75

11

JENNIEHAIDA FAILA. P

50

60

60

75

12

M. NABIL

60

50

50

80

13

MARIAM MAULIDYA

45

60

60

80

14

MASRUROH

50

50

50

75

15

MUHAMMAD ALKALASAM

55

60

60

75

16

NOOR SYIFA

55

50

60

80

17

RAFIQA SAUDAH

50

50

60

75

18

SAFARINA

55

55

65

75

19

SITI HILYATUL AULIYA. A

50

55

55

75

20

SITI WARDAH

50

50

60

75

21

YASID AHMAD ALHABSYI

55

60

60

75

22

YASMIN KALISTA PUTRI

50

60

65

75

23

YULIANTI RAMADHINA

50

60

55

75

24

ZAHRATUN AZQYA

50

60

60

75

Jumlah

1045

1095

1200

15,25

Rata-rata

52,25

54,75

60,0

76,25

            Berdasarkan hasil study pada kemampuan awal menghafal surah al-Falaq diperoleh rata-rata 52,25 dengan memerintahkan siswa menghafal surah al-Falaq masih  tergolong kurang baik. Oleh karena itu peneliti yang merangkap sebagai guru melakukan langkah-langkah perbaikan terhadap kemampuan menghafal surah al-Falaq, setelah tindakan dilakukan ternyata dari data awal terjadi peningkatan kemampuan  menghafal surah al-Falaq siswa pada siklus I sebesar 54,75 dan pada siklus II 60,0, dan siklus III 76,25.

BAB V 

PENUTUP

  • Kesimpulan
  •  

            Hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran yang dilakukan sebelum tindakan menghafal surah al-Falaq masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata 52,25, setelah mencoba pembelajaran  dengan menggunakan metode Driil dalam materi menghafal surah al-Falaq mengalami peningkatan yang bertahap dengan siklus I ayat 1-2 mendapatkan nilai rata-rata 54, 75 , siklus II ayat 3-5 mendapatkan nilai rata-rata 60,0, sampai siklus III ayat 1-5 alhamdulillah terus mengalami perubahan dalam peningkatan siswa dengan nilai rata-rata 76, 25.                      

Saran

            Berdasarkan hasil penelitian diatas maka penulis menganjurkan saran- saran sebagai berikut:

  • Diharapkan kepada guru yang mengajar pada mata pelajaran PAIBP agar dapat menggunakan metode dan strategi yang cocok dengan materi pembelajaran, sehingga siswa dengan mudah menerima pembelajaran. Salah satu metode yang cocok dengan pembelajaran yaitu metode Drill yang dapat membuat suasana belajar menyenangkan.
  • Diharapkan kepada siswa agar banyak berlatih terutama dalam pembelajaran  membaca dan menghafal surah al-Falaq.
  • Diharapkan kepada sekolah untuk menganjurkan kepada guru-guru memberikan latihan-latihan agar siswa memiliki keterampilan.
  • Penelitian ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan di sekolah lain yang sama masalahnya dengan masalah yang ada di SDN Kebun Bunga 3.

 

 

 

Disusun Oleh

AHMAD SIDIKI

 

 

 

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU 

LPTK FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN

2022

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun