Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... pembaca buku

Mohon doa untuk saya dan keluarga agar sehat lahir batin, dimudahkan dalam urusan rezeki, dan berkah dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

1 Januari 2021, Ada Bakso Gratis di Majalaya

5 Januari 2021   17:02 Diperbarui: 6 Januari 2021   11:42 291 1 0 Mohon Tunggu...

Ada banyak cara orang mengisi momentum pergantian tahun. Dulu orang begadang dan tiup terompet serta nyalakan kembang api, bahkan petasan. Jalan raya penuh. Dipastikan orang yang di tengah kota besar tumpah ruah ke jalan raya. Mereka suka cita. Entah apa yang mendorong mereka melakukan demikian. Besar kemungkinan sekadar tradisi dan momentum kebersamaan. Sedangkan mereka yang di rumah dan tidak sempat keluar, biasanya cukup bikin bakar ayam, bakar jagung, dan makan nasi liwet. Itu dulu sebelum pandemi.

Kini masa pandemi berubah. Tahun baru 2021 cukup dirayakan di rumah bersama keluarga dan tetangga. Hanya ngobrol dan mungkin ada yang bakar jagung dan lainnya. Sedikit doa disematkan saat tiba tengah malam. Di antara harapan memasuki tahun 2021, yaitu kehidupan bisa lebih baik dan pandemi corona tuntas kemudian sehat dan sejahtera. Saya kira semua orang pasti itu yang diharapkan.

Lain tempat pasti beda. Saya temukan ada yang beda tentang momentum pergantian tahun baru ini di outlet Bakso Malang Haji Darmo di Majalaya, Kabupaten Bandung. Lokasinya di Jalan Cipaku, Sukamantri. Momentum tahun baru pas tanggal 1 Januari 2021 diisi dengan menggratiskan bakso untuk 100 porsi selama tiga hari. Bukanya setelah ibadah shalat Jumat.

Orang-orang datang berbondong bondong. Tertib dan teratur. Bergantian makan bakso yang disiapkan oleh pegawai Bakso Haji Darmo. Pegawainya cekatan dan ramah mengingatkan agar jaga jarak dan pakai masker. Luar biasa daya tarik orang pada Bakso Haji Darmo. Kabarnya sebelum dibuka  pun orang-orang datang dan tanya-tanya memastikan promo tersebut.

Meski pada hari kedua sudah habis porsi gratisnya, Bakso Haji Darmo tetap diminati orang yang beli. Kata orang yang makan dan membeli bahwa kuahnya istimewa dan rasanya enak. Baksonya lembut dan banyak pilihan. Mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Ada bakso rusuk, bakso telor, bakso jamur, bakso pedas, bakso cingcang, bakso keju, bakso lobster, bakso goreng, resoles goreng, gorengan mawar, dan lainnya. Bagi yang suka mie pun tersedia. Istri saya yang makan bakso rusuk pun bilang enak dan bikin kenyang karena ukurannya besar.

Yang menarik dan unik dari outlet Bakso Malang Haji Darmo (yang tersebar di Bandung Raya) adalah model parasmanan. Jadi, setiap orang ambil bakso sendiri sesuai minat dan sesuai dengan isi dompet. Kemudian minta kuahnya dan bayar dikasir.

Saat bincang dengan pegawai Bakso Malang Haji Darmo bahwa selain bisnis juga ada peduli dhuafa. Yakni setiap hari Jumat bagi-bagi makan siang untuk orang-orang miskin dan dhuafa yang ada di sekitar outlet yang tersebar di Baleendah, Gading Tutuka Soreang dan exit Tol Soroja, Ciparay, Majalaya, Cangkuang, dan Punclut.

Saya kira bagus bahwa penghasilan tidak dinikmati pegawai dan pemiliknya tetapi juga orang-orang yang tidak mampu pun dapat merasakan nikmat dari rezeki yang dialirkan melalui sebuah bisnis kuliner bakso.

Alhamdulillah saya sudah dua kali makan baksonya. Di Gading Tutuka dan exit Tol Soroja Soreang, Kabupaten Bandung. Harus diakui enak dan bikin ketagihan untuk makan lagi bakso. Cukup segitu berbaginya. Hatur nuhun. *** (ahmad sahidin)

VIDEO PILIHAN