Mohon tunggu...
Ahmad Mujiyarto
Ahmad Mujiyarto Mohon Tunggu... Guru - sedang belajar

Hanya seorang yang belajar menjadi Guru SD yang Baik dan Benar...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengapa Mendaftar CGP?

27 Juni 2023   16:06 Diperbarui: 27 Juni 2023   16:10 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Setiap orang yang melakukan pekerjaan, akan mendapatkan balasan atas apa yang dia niatkan"

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) sudah berjalan dengan lancar sampai dengan bulan Juni ini sudah memasuki angkatan ke 9 dan sedang membuka angkatan ke 10. Hasil out putnya semoga sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerintah, dalam membangun pendidikan ke arah yang lebih baik. 

Saya sangat bersyukur karena saya diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam program Pendidikan Guru Penggerak tersebut dengan menjadi salah satu dari pengajar praktik angkatan ke 7.

Banyak hal yang saya dapatkan dari pengalaman saya mengikuti program tersebut. Selama saya menjadi pengajar praktik, saya diberikan tugas untuk mendampingi CGP dalam proses belajarnya. Selama proses belajar itu, mulai dari belajar daring, berinteraksi dalam ruang kolaborasi, pendampingan individu, dan lokakarya, banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh CGP. Dan saya melihat ada dampak yang baik yang bisa dirasakan secara khusus kepada peserta didik, rekan guru, dan sekolah. 

Dalam proses yang saya jalani saya melihat dan merefleksi diri yang menjadi sebab kenapa PGP menjadi berdampak baik. Salah satunya yang terpenting adalah tentang alasan besar mengapa guru mendaftar CGP. Alasan dan motivasi itu harus benar-benar kuat, sehingga dalam perjalananya bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kuatnya motivasi dan dorongan yang lahir dari internal diri CGP akan membuat sebanyak apapun tugas dan proses belajar daring yang dijalani akan dilalui dengan penuh tanggung jawab dan penuh keikhlasan. Motivasi agar seorang CGP kehadiranya benar-benar menjadi aktor penggerak pendidikan, perubah mindset, memimpin diri dan orang lain agar terwujud tujuan pendidikan yang mulia. 

Alasan mengapa menjadi CGP itu yang harus benar-benar kuat dalam menenetukan perjalanan , bahkan pertanyaan utama dalam essay saat mendaftar sebagai CGP itu tentang motivasi mengikuti CGP. Tugas CGP itu berat, tapi akan mudah jika dilandasi dengan niat yang benar dan motivasi yang kuat. 

Saran saya untuk para guru yang akan mengikuti CGP, tentukan apa motivasi terkuat anda mengikuti CGP, buat motivasi Anda menjadi bernilai dan layak untuk diperjuangkan demi memajukan pendidikan di negeri tercinta.

 Salam guru hebat guru berdaya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun