Mohon tunggu...
ahmad haydar
ahmad haydar Mohon Tunggu... Mahasiswa - saya adalah mahasiswa yang berasal dari kalimantan

saya ada mahasiswa filsafat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cita-Cita Aku yang Berkembang dan Manusia

21 Juni 2021   13:51 Diperbarui: 21 Juni 2021   14:59 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seorang filosof besar Yunani Aristoteles mengemukakan bahwa manusia adalah hewan yang berakal sehat. Walau pun manusia juga tergolong dalam hewan, namun pada dasarnya manusia memiliki tujuan  hidup untuk mencapai kesempurnaan. Lain halnya dengan hewan selain manusia, mereka hanya ingin melangsungkan hidupnya seperti makan tidur atau berkembang biak. manusia ingin mengembangkan dirinya lebih dari sebelumnya. Itulah salah satu alasan mengapa saya ingin memiliki cita cita. ketika saya mengembangkan diri  lebih baik daripada sebelumnya maka saya akan mencapai cita cita tersebut. Cita cita adalah tolak ukur saya ketika telah mengembangkan diri. Ketika cita cita telah tercapai maka saya telah berhasil mengembangkan diri lalu saya akan bercita cita lagi. karna saya akan terus mengembangkan diri untuk menjadi manusia yang sempurna.

Pendidikan adalah jalan untuk mengembangkan diri. Pendidikan berawal saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Dari mulai kita berjalan, berbicara hingga membaca, pendidikan menuntun kita kepada pengembangan pengetahuan dan ketrampilan. Itulah mengapa pendidikan sangat penting untuk saya. Ketika seseorang lebih terdidik maka ia berkembang dengan baik. Pendidikan adalah jalan untuk menempuh kesuksesan. Dengan pendidikan cita cita lebih mudah tercapai.

 Pendidikan disekolah adalah bentuk yang sempit dari kata pendidikan. Padahal pendidikan bukan hanya ada disekolah, rumah adalah tempat Pertama kita mengenyam pendidikan. Lingkungan juga sangat mempengaruhi pendidikan seseorang. Memilih lingkungan yang baik akan memiliki pendidikan yang baik. saya telah didik dengan baik di sekolah dasar. Saya mendapatkan pola berfikir kritis dan religius di pondok pesantren pada sekolah menengah kebawah. Dan saya telah meningkatkan ketrampilan di sekolah menengah kejuruan. Lalu Saya akan menempuh pendidikan S1 disebuah universitas islam. Dan saya tidak akan berhenti mengeyam pendidikan. sangat penting dan berarti pendidikan untuk saya membuat saya selalu  semangat untuk mencapai pendidikan setinggi tingginya.

 Ketika kita terdidik maka  membuat cara berfikir kita lebih kompleks, tata Bahasa yang rapi serta berperilaku yang baik. Pendidikan sangat penting karna memajukan peradaban manusia. semakin baik pendidikan, semakin kecil angka kriminalitas. Tingkat pendidikan yang tinggi dapat meningkatkan ekonomi negara tersebut. Akan tetapi kualitas pendidikan Indonesia disebut tertinggal 128 tahun dari negara maju. Kita perlu usaha keras dan waktu yang sangat panjang untuk mengejar kualitas ketertinggalan pendidikan Indonesia di negara maju. Oleh Karna itu saya ingin membangun sekolah dan yayasan dengan program program yang akan nanti saya buat. saya akan membantu orang orang yang tidak mampu serta memberikan mereka beasiswa. saya akan membentuk organisasi khususnya organisasi kemanusian dibidang pendidikan. Tidak lupa saya akan mengedukasi orang orang lewat media social. Karna saya yakin pemerintah sangat susah bila kita tidak ikut membantu memberikan pendidikan. dan saya akan memberikan pendidikan kepada bangsa ini lewat apapun bentuknya agar negara ini terus maju.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia". Itulah motto hidup saya sebagai manusia. Ketika saya bisa mengembangkan diri lebih baik maka saya bisa bermanfaat bagi sesama manusia. semua cita cita saya mengarah kepada menjadi orang yang  bermanfaat. Ketika saya bisa bermanfaat untuk orang lain, ada kebahagiaan tersendiri didalamnya. Saya yakin Memberikan arahan bimbingan dan pendidikan, akan bermanfaat untuk orang tersebut  seumur hidup.

Menurut R. Beerling, bahwa filsafat adalah pemikiran-pemikiran yang bebas, diilhami oleh rasio, mengenai segala sesuatu yang timbul dari pengalaman. Orang yang telah belajar filsafat sering kali dicap nyeleneh dalam berpikir. Kadang pola pikirnya berbeda dengan masyarakat kebanyakan dan hal ini yang membuat stigma itu melekat pada filsafat. Padahal filsafat dipelajari di dunia bertujuan agar terciptanya manusia yang kritis, sistematis, universal, dan radikal dalam berpikir. Mensosialisasikan ilmu filsafat adalah misi saya nanti kedepan agar masyarakat teredukasi bahwa filsafat bukan suatu yang menakutkan dan berbahaya. Justru dengan filsafat seorang manusia bisa lebih dimanusiakan. Saya ingin hidup manusia dipimpin oleh pengetahuan. Saya ingin orang orang  mengetahui kebenaran yang terdasar yaitu tahu dasar-dasar hidup. Sebetulnya filsafat mengandung ide-ide, dengan ide itulah yang mampu membawa manusia menuju ke arah kemampuan dalam merentang kesadaran di setiap tindakannya. Dengan begitu manusia akan lebih tanggap terhadap lingkungan dan dirinya.

Jika kita melihat jauh induk dari semua pelajaran yang ada di sekolah kita sekarang. Maka awal dari semua ilmu tersebut adalah filsafat. Ketika manusia purba pertama kali melihat adanya api, dan api itu memiliki banyak manfaat. Ia bertanya "bagaimana api tersebut bisa ada". manusia purba tersebut mulai bertanya dan memulai mencari tahu. Mereka melakukan observasi dan beberapa percobaan. Ini lah awal mulai api bisa tercipta oleh manusia. Disaat para manusia purba ini mulai berfilsafat, peradaban manusia melangkah jauh. Di zaman milenial ini, saya ingin mengembangkan ilmu filsafat untuk lebih melangkah jauh. Dengan filsafat, saya akan mempermaju cara berfikir dan mempermaju peradaban manusia. tidak hanya mengembangkan, mensosialisasikan adalah misi saya untuk belajar filsafat. saya yakin bila ilmu dibagi maka akan bertambah. maka dari itu kewajiban saya nanti untuk bisa mengunakan dan mengajarkan ilmu ilmu filsafat saya di masa yang akan datang.

               Mencintai kebenaran dan mengetahui hakekat yang sebenarnya adalah filsafat. Dengan ilmu ini saya akan mencari kebenaran dan ingin mengetahui hakekat sesuatu hal. terutama terhadap kebenaran hak hak manusia dan hakekatnya. ketika hak hak manusia sudah dirampas dan dihilangkan hakekatnya, maka saya akan turun untuk memperjuangkan hak hak tersebut. Manusia diciptakan dalam keadaan bebas berkehendak. Menyadarkan masyarakat akan diskriminasi, kontradiksi dan ketidakadilan adalah salah satu misi saya sebagai manusia. menyampaikan aspirasi, yaitu peran sebagai penyampai pesan dan kesan adalah wujud kecintaan saya terhadap negara ini. "Mencintai tanah air adalah sebagian dari iman" itulah sabda nabi. Kecintaanku kepada Allah para nabi dan keluarganya akan ku wujudkan dalam kebaikan kebaikanku dalam kemanusiaan. Karna semua ini mengarah kepada satu hal yaitu bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama manusia.

Ketika saya telah tiada, saya ingin legacy dan ilmu ilmu saya tetap ada dengan buku buku yang akan saya buat. walaupun nama saya nanti  sudah di nisan akan tetapi nama saya masih hidup dalam tulisan tulisan. harapan saya kedepan, ilmu filsafat saya nanti bisa dikembangkan oleh genarasi generasi selanjutnya. Saya yakin apa yang telah terjadi dan yang ada di generasi sekarang adalah dampak dari generasi sebelumnya. Sebagai yang lahir dizaman melenial ini, saya mempunyai tanggung jawab kepada generasi generasi penurus saya. Salah satu yang saya pikirkan adalah ketika diri saya ada, diriku membuat hidup orang menjadi mudah dan ketika aku tiada orang takut kehilangan manfaat dari diriku. cita cita ku sebagai manusia di dunia ini adalah menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama manusia dan mereka masi bisa merasakan manfaatku walau diriku sudah tiada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun