Mohon tunggu...
Ahmad Haryanto
Ahmad Haryanto Mohon Tunggu... Pemadam Kebakaran - Menjadi Manusia yang Bermanfaat

Let's Share knowledge Mahasiswa Angakatan Pertama Semester Genap Fakultas Teknik Program Studi PJJ Sistem Informasi Universitas Siber Asia Cyber Asia University

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Social Capital Sangat Berdampak dalam Kehidupan Abad Baru

25 Juli 2021   14:11 Diperbarui: 25 Juli 2021   14:43 139 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Social Capital Sangat Berdampak dalam Kehidupan Abad Baru
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumber Daya Manusia

Masalah sumber daya manusia masih menjadi fokus perhatian bagi perusahaan dan organisasi yang berharap dapat bertahan di abad ke-21. Sumber daya manusia merupakan aset strategis yang sangat penting dalam siklus hidup suatu organisasi. Investasi adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia. 

Ada banyak, tetapi sulit untuk melihat hasilnya dalam jangka pendek. Dibutuhkan banyak waktu, kesabaran, dan pendekatan yang tepat untuk menciptakan sumber daya manusia yang Anda inginkan. Salah satu modal manusia yang tidak dapat dicabut adalah modal sosial atau social capital. 

Modal sosial adalah filter, ketika modal manusia dan keuangan mengalir dari orang tua dan masyarakat ke anak-anak, mengarah ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, itu harus melewati filter ini. Modal sosial yang rendah menyebabkan konflik nilai dan ketidakpercayaan. 

Artinya, di negara atau kawasan yang sedang dalam transisi produksi sumber daya manusia, untuk mencapai pembangunan yang lebih baik, perlu meningkatkan partisipasi hubungan sosial. Karya ini menjelaskan pemahaman tentang profil modal sosial yang harus dimiliki masyarakat untuk mengembangkan potensinya dalam berinteraksi dengan masyarakat. Lingkungan dan bisnis.

Teori 

Modal sosial pertama kali dibahas pada tahun 1916 (Lin, 2001). Modal sosial modern pertama kali dikemukakan oleh Burdi (1986), yang mengatakan bahwa modal sosial adalah sumber umum dari konsep-konsep saat ini atau potensial yang berkaitan dengan kepemilikan permanen. Jaringan antar lembaga keluarga kurang lebih bersifat timbal balik. 

Dari semua lini bisnis utama, penyesuaian ekuitas, dan sumber informasi. Ide, peluang bisnis, modal finansial, kekuatan, dukungan emosional, kebaikan, kepercayaan, dan kolaborasi antara individu dan perusahaan (Baker, 2000). Cohen dan Prusak (2001) mendefinisikan modal sosial sebagai mengejar hubungan positif antara orang-orang, termasuk: kepercayaan, kerjasama yang saling menguntungkan, nilai-nilai umum, dan perilaku yang menyatukan setiap anggota jaringan dan masyarakat. Sebagai peluang kerjasama. Dalam beberapa bahan sastra, definisi yang mirip dengan metode modal sosial diberikan. Porter (1998). 

Definisi modal sosial adalah kemampuan seseorang untuk mendapatkan keuntungan dari keanggotaan dalam jaringan sosial atau struktur sosial lainnya. Baker (2000) mengatakan bahwa modal sosial adalah sumber daya yang dimiliki oleh jaringan pribadi dan profesional seseorang. Pada saat yang sama, Coleman (1999) mendefinisikan modal sosial sebagai membimbing dan menciptakan untuk mempromosikan semua aspek tindakan individu dalam struktur sosial. 

Struktur sosial akan menghasilkan kekuatan pendorong sosial yang lebih kuat daripada perilaku individu.Dorongan sosial untuk beradaptasi dengan norma sosial meliputi: Dalam budaya yang berlaku, kekuatan sosial lain memiliki pengaruh yang lebih umum pada perilaku, dan modal sosial Bank Dunia (2003) sebagai norma untuk pembentukan institusi, hubungan sosial, jaringan, kejujuran, dan quality Derajat interaksi sosial dalam masyarakat.

Selain itu, sosiolog, politisi, dan ekonom menggunakan istilah "modal sosial" secara berbeda. Putnam (1993) menganalisis dampak metode media sosial horizontal terhadap kinerja ekonomi. Coleman (1988) menggunakan konsep vertikal dan hierarki untuk menentukan definisi modal sosial yang lebih luas yang memiliki efek negatif dan positif terhadap kinerja perusahaan. North (1990) dan Olson (1982) mendefinisikan pandangan dan peran formal mana dalam sistem seperti keadilan, supremasi hukum, dan kebebasan politik yang mengandung dan berkontribusi pada pengembangan lingkungan sosial dan politik.

Akdere mengalokasikan modal sosial pada tingkat mikro dan makro. Pada tingkat mikro, modal sosial borjuis dikaitkan dengan nilai, keyakinan, sikap, dan perilaku berbasis norma . Saat ini modal sosial sipil terbagi menjadi 3 (tiga) parameter utama, yaitu link, bridge, dan link. Jelaskan tautan (link) ke hubungan keluarga, anggota keluarga dekat, teman dekat, dan rekan profesional yang akan membantu Anda. Sebaliknya, hubungan itu agak terasing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN