Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Bersiap Diri Menyambut Mobilitas Udara Perkotaan

19 Februari 2021   23:46 Diperbarui: 20 Februari 2021   10:45 158 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersiap Diri Menyambut Mobilitas Udara Perkotaan
Ilusttrasi Transportasi Udara Perkotaan (pixabay.com)

Jika dari kita ada yang mengalami kehidupan kota Jakarta pada tahun 1980-an hingga 1990-an mungkin masih mengingat keadaan lalu lintas di Jakarta yang tidak sepadat sekarang.

Perjalanan dari tengah atau daerah lainnya di Jakarta untuk menuju ke Bandara Seokarno Hatta dahulu tidak memerlukan waktu lama dibanding sekarang.

Pertumbuhan jumlah penduduk di Jakarta serta berkurangnya lahan untuk membangun ruas jalan baru atau yang lebih luas dan penambahan kendaraan bermotor membuat kepadatan lalu lintas.

Perserikatan Bangsa Bangsa memprediksi bahwa pada tahun 2050 lebih dari 2/3 populasi di dunia akan bertempat tinggal di perkotaan

Dampak dari kepadatan lalu lintas di perkotaan ini akan memengaruhi aksesbilitas dan mobilitas para penduduknya.

Kita harus berangkat lebih awal untuk mengantisipasi keterlambatan pada sebuah janji sebagai akibat dari kepadatan lalu lintas dan bahkan mungkin kita harus melakukan rescheduling janji tersebut karena parahnya kemacetan jalanan.

Dan jika nanti pada saatnya tiba di mana sistem transportasi darat di sebuah kota tidak dapat lagi mengakomodasi kebutuhan akan aksesbilitas dan mobilitas pada penduduknya, maka diperlukan moda transportasi yang lebih dapat mendukung mereka.

Solusi dari ini semua adalah Urban Air Mobility atau mobilitas udara perkotaan yang merupakan sistem transportasi udara di perkotaan.

Jika perkembangan industri aviasi membuka akses dan mobilitas antar kota, negara, dan benua, kini akan melebarkan sayapnya justru pada dalam perkotaan.

Urban Air Mobility adalah sebuah sistem transportasi udara yang akan menghubungkan manusia di perkotaan dan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di darat.

Beberapa pabrikan pesawat dan perusahaan sejenis lainnya sudah mengembangkan kendaraan dari sistem transportasi udara perkotaan ini yang memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal atau VTOL (Vertical Takeoff and Landing) seperti pada drone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x