Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kapal Pinisi Ini Termewah tapi Ada yang Termahal

24 September 2018   21:10 Diperbarui: 24 September 2018   21:45 964 1 0 Mohon Tunggu...
Kapal Pinisi Ini Termewah tapi Ada yang Termahal
Master Cabin. Sumber: DuniaBaru.com

Kapal pinisi selalu identik dengan kemewahan dan memang benar adanya karena kapal pinisi ini didesain untuk memberikan pengalaman yang berbeda untuk para tamu terhormat nya sehingga apapun yang ditawarkan oleh sebuah kapal pinisi harus yang terbaik. 

Kapal Pinisi Dunia Baru contohnya adalah kapal pinisi termewah dalam segi desain dan fasilitas, paling tidak inilah kesan pertama saat masuk ke deck utama kapal yang membuat napas ini agak terhenti. Saat memasuki kabin pun napas dibuat jadi lebih pendek dari sebelumnya dengan melihat kemewahan yang ada di setiap detil pada kabin. .

Namun jangan salah memahami dulu karena saya disini bukan sebagai tamu namun dalam kapasitas berkunjung atau singgah untuk melihat kapal pinisi ini saat di Serangan beberapa tahun yang lalu saat masih aktif di dunia pinisi. Saya belum mampu untuk charter kapal termewah ini yang mematok harga USD 12,500 plus tax untuk per malam nya.

Memang salah satu kegemaran saya dahulu saat tidak berlayar adalah saling mengunjungi kapal satu ke kapal lain, bukan untuk perbandingan namun untuk alasan curiosity alias penasaran

Satu hal yang buat saya sesak napas hingga hari ini adalah semua dokumen foto saat berada di kapal ini ada di dasar laut selat Bali karena smartphone saya terjatuh saat melakukan perjalanan dengan kapal pinisi tempat saya bekerja dahulu.

Kapal dengan panjang total 51 meter dari ujung depan ke belakang dan 36 meter berupa deck serta beam atau luas yang dihitung dari bagian terluar kapal  yaitu 11 meter ini memiliki draft atau tingkat kedalaman bagian kapal yang didalam air yaitu 4 meter dan di tenagai oleh mesin Yanmar 6 AYM-ETE bertenaga 829 HP serta generator sebanyak 2x Northern Lights 55kw; 1x Mastervolt 25kw yang mungkin cukup untuk menerangkan sekitar 125 rumah dengan penggunaan normal. Kapal Pinisi ini memiliki 2 tiang atau lebih dikenal dengan two-masted sailing boat.

Badan kapal terbuat dari Ironwood atau kayu besi yang memang sangat umum digunakan oleh semua kapal pinisi karena sangat kokoh dan kuat dalam menghadapi arus dan hempasan ombak laut.

Kapal ini memilik 7 kabin dengan kapasitas untuk 14 orang dengan masing-masing kabin memiliki kamar mandi sendiri. Satu diantara 7 kabin adalah Master Cabin dimana dari segi ukuran jauh lebih luas dari 6 kabin lainnya atau staterooms, selain luas Master Cabin dilengkapi oleh beranda.

Untuk masalah fasilitas, sama dengan layanan kapal pinisi lainnya dimana para tamu diberikan kebebasan untuk menggunakan fasilitas kapal secara gratis atau sudah termasuk dalam harga, fasilitas seperti laundry, penggunaan tender atau sejenis speedboat untuk mengantar kita ke daratan, perlengkapan snorkel dan dive hingga ke paddle board dan jet ski.

Salah satu interior - Sumber : DuniaBaru.com
Salah satu interior - Sumber : DuniaBaru.com
Kapal pinisi Dunia Baru beroperasi di Labuhan Bajo dan Raja Ampat dan siap menerima charter dengan destinasi pilihan anda baik itu di Indonesia maupun Thailand dan Myanmar dengan harga charter USD 12,500 untuk di Labuhan Bajo dan USD 13,500 di Raja Ampat (Harga untuk tahun 2019 menjadi USD 14,500). 

Dunia Baru biasanya beroperasi di Raja Ampat  tepatnya di Sorong dari November-Maret dan di Labuhan Bajo dari April- Oktober 2019. Bagi yang kebetulan berlibur ke destinasi tersebut dan ingin mencoba pengalaman berbeda berwisata bahari dengan kapal pinisi silahkan mencoba dan akan mengalami sesak napas saat pertama kali menginjak kaki di deck kapal ini karena terpesona dengan kemewahan yang ditawarkan oleh Dunia Baru ini.

Walau termewah dari segi desain baik interior dan exterior serta dengan harga fantastis, harga charter kapal ini adalah kedua yang termahal dari semua kapal pinisi yang beroperasi di Indonesia.

Referensi dan Sumber :

1. DuniaBaru.com

2.WisataPremium.com

VIDEO PILIHAN