Mohon tunggu...
Kamara Zaini
Kamara Zaini Mohon Tunggu... Guru - Guru Mata Pelajaran

Mengajar di SMP dengan hobi bermain catur, membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kurikulum Merdeka Solusinya

24 September 2022   12:30 Diperbarui: 24 September 2022   12:37 312 9 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kurikulum merdeka sekarang muncul kembali yang sebelumnya kurikulum 13. Kurikulum merdeka sangat diharapkan pemerintah untuk direalisasikan pada sekolah mulai sekarang yang memerlukan persiapan sekolah dalam melaksanakannya. Ada sebagian sekolah yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka dengan berbagai kesiapan. Kesiapan sekolah dalam merancang, melaksanakan, dan tindak lanjut dari kurikulum merdeka diharapkan menjadi sekolah percontohan dari sekolah yang belum melaksanakan.

Awal tahun ajaran baru SMP Negeri 3 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kepala sekolah dengan seluruh dewan guru beserta staf karyawan tata usaha mengadakan rapat untuk mengambil keputusan bersama apakah menggunakan kurikulum merdeka atau kurikulum 13. Dalam keputusan bersama bahwa kurikulum 13 lah yang masih kami gunakan untuk tahun ajaran 2022/2023 dengan alasan bahwa guru belum siap dalam melaksanakan kurikulum merdeka.

Kepala sekolah sebagai mitra kerja dewan guru dalam mengambil keputusan bersama itu sudah sesuai dengan kesepakatan, kepala sekolah tetap berharap dengan dewan guru agar tahun depan sudah dapat melaksanakan kurikulum merdeka untuk merealisasikan dari kementerian pendidikan. Beliau dari sekarang mempersiapkan terlebih dulu beberapa fasilisitas sebagai pendukung kurikulum merdeka menjaga kemungkinan jangan tergesa-gesa dalam penerapannya. Pesannya bahwa dari sekarang perlu mengikuti sosialisasi dari dinas pendidikan kabupaten dan mendengarkan program-program apa saja yang harus disiapkan untuk menerapkan kurikulum merdeka pada tahun 2023 mendatang.

Tawaran ide yang masih ditunggu dari sekolah yang sudah melaksanakan atau menunggu dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten untuk kurikulum merdeka bahwa kurikulum sudah wajib dilaksanakan dengan ketentuan yang sudah ditetapkan bersama. Sekolah sebenarnya sangat berkeinginan untuk menerapkannya tapi belum mengetahui teori pelaksanaannya yang diinginkan oleh kementerian. Sambil belajar melalui akun belajar atau platfrom merdeka belajar secara daring melalui SIMPKB. 

Kurikulum sekolah memang perlu adanya perubahan tentu jawabannya adalah inovasi. Inovasi adalah sebagai bentuk ikhtiar dari pemerintah melalui kementerian pendidikan yang sangat berharap kemajuan yang sangat perlu ide, gagasan, dan rencana kedepan untuk kurikulum baru yang sesuai dengan zamannya.  Zaman digital yang mengeluarkan berjuta-juta informasi masuk baik lewat hp atau alat elektronik lainnya. Perlu dijawab dengan filter yang canggih pula.

Kemungkinan oleh pemerintah kurikulum merdekalah sebagai solusi dalam mengatasi kemajuan alat elektronik yang selalu dipegang anak-anak setelah pulang dari sekolah agar alat tersebut kelihatan manfaatnya untuk kepentingan pendidikan yang perubahan cara belajar anak sudah berbeda sekarang. Sekolah berharap dengan adanya kurikulum merdeka mampu mengurangi penggunaan alat elektronik terhadap anak menjadi sebuah manfaat besar bagi pendidikan.

Sekolah kedepannya melarang penggunaan alat elektronik sesuai tata tertib sudah berubah menjadi diperbolehkannya. Jika demikian apa yang terjadi? Haruskah guru berpikir kembali bagaimana cara mengatasinya! mari kita bersama membuka ruang bersama untuk memikirkan masalah pendidikan zaman sekarang. Maju bersama menuju prestasi peradaban yang mulia. Digital silakan digunakan, adab juga harus diperhatikan sebagai karakter budaya bangsa.

Sekolah dalam mempersiapkan penerapan kurikulum merdeka bagi yang belum, berusaha dengan maksimal mempelajarinya dengan bertanya kepada lebih mengerti, menelusuri diinternetnya, buku yang berkenaan dengan kurikulum merdeka. Merdeka belajar yang sangat ditunggu oleh siswa untuk menjadi teladan mereka dan harapan mereka untuk belajar dengan kebebasan juga memperhatikan rambu-rambu. Kurikulum merdeka yang katanya sesuai dengan budaya kita , budaya bangsa untuk memberikan kebebasan berfikir dengan mengutamakan keadaan diri yang sesungguhnya berasal dari kertas putih bersih tanpa noda. 

Alur itulah kiranya sedikit diketahui penulis tentang kurikulum merdeka selanjutnya dipelajari sedikit demi sedikit konsep seterusnya dengan pandangan serta ide dan gagasan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga Tulisan bermanfaat dan berguna untuk konsep kurikulum merdeka yang sesungguhnya. Harapan guru jelas, harapan guru pasti, bahwa kurikulum merdeka adalah kewajaran dalam sebuah kemajuan anak bangsa.

Penulis: Ahmad Kamara, S.Ag (Guru SMP Negeri 3 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan