Mohon tunggu...
Ahmad faturahman
Ahmad faturahman Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Pelajar

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memulai Kembali Merapatkan Shaf

3 November 2021   13:36 Diperbarui: 3 November 2021   13:46 39 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Seiring dengan terus mebaiknya situasi pandemi Covid ini, dengan segala data data penyebaran yang terus turun dan status para terinfeksi membaik semakin tinggi.Kini di beberapa masyarakat di berbagai daerah sudah mulai menyesuaikan kembali kehidupan normal mereka.Aktivitas aktivitas yang dulu sangat dibatasi, kini pun mulai dilonggarkan kembali.

Sebagaimana dalam aktivitas peribadatan umat muslim di berbagai daerah.Dimana sebelumnya dalam hal aktivitas sholat berjamaah dibatasi dengan jarak jarak yang cukup jauh antar jamaah, kini beberapa masjid di berbagai daerah sudah mulai merapatkan kembali shaf solat nya.

Pelonggaran pada aktivitas di masjid mangacu pada kebijakan Majelis Ulama Indonesia, sebagaimana disampaikan oleh ketua majelis Ulama Indonesia Muhammad Cholil lewat media akun twitternya.Walau kebijakan ini hanya berlaku pada daerah level 1 PPKM.

Walau ada beberapa yang belum berani untuk menerapkan kembali hal tersebut untuk saat ini. Terpantau pada beberapa daerah di Kota Bekasi kini lebih banyak telah mecoba kembali merapatkan shaf shaf mereka.Seperti pada masjid Assholihun Bekasi Utara.Kini jarak yang dahulu dibatasi sudah mulai dihilangkan dengan menggelar kembali sajadah.

Seperti pada masjid As-sholihun perbatsan kota dan kabupaten Bekasi.Kami sudah mulai meraparkatan shaf jamaah kami itu kurang lebih sudah sekitar dua mimggu berjalan.

Alasan kami melakukan ini pertama, karena himbauan dari MUI pusat.Tetapi kami disini tetap mengharuskan jamaah untuk memakai masker dan memang di masjid kami aturannya tidak boleh terlalu lama berada dimasjid setelah pelaksanaan sholat jamaah.Ujar ust.Sae yang merupakan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid tersebut.

Kebijakan pelonggaran ini tentunya mendapatkan respon dari masyarakat yang masjid di daerahnya menerapkan hal tersebut.

Secara umum warga sekitar mendukung berlakukan nya kembali kebijakan ini.Karena memang mereka sendiri sepertinya sudah melihat kalu didaerah daerah lainya pun sudah meberlakukan perapatan shaf tersebut.Ucap Ketua DKM

Faishal warga setempat menuturkan bahwa ini bisa menjadi awal penyesuaian yah untuk kembali normal,selagi memakai masker saya rasa sudah cukup."Awalnya saya sedikit ragu untuk tidak memakai jarak lagi ya, tapi jika dilihat dilihat memang kini sudah agak baikan ya situasinya"tutur salah satu jamaah di masjid tersebut.

Walaupun sudah mulai ada pelonggaran, pihak masjid tetap bekerjasama dengan satgas covid setempat.hal ini dipelukan untuk pengawasan dan bersiaga jika terjadi penybaran lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan