Mohon tunggu...
Ahmad Jumadi
Ahmad Jumadi Mohon Tunggu... Desainer - Universitas Amikom Yogyakarta

Corona mengubah segalanya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Magang di DINKOPDAG Kabupaten Temanggung

20 April 2021   22:21 Diperbarui: 20 April 2021   23:03 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)

Universitas Amikom Yogyakarta program S1 pada prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Sosial yang memberikan pra syarat bagi mahasiswa nya untuk ikut serta dalam menempuh pendidikan wajib melalui magang. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat menambah ilmu dan pengalaman kita saat di dunia kerja yang nyata.

Oke, kita langsung saja ke bahasan utama yaitu Bagaimana pengalaman saya saat magang di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan di Kabupaten Temanggung?

Pertama-tama sebelum saya memulai atau melaksanakan kegiatan magang ini, terlebih dahulu saya harus mengurus surat-surat yang dibutuhkan untuk syarat magang, untuk dapat magang di DINKPDAG ini langkah awal yang saya lakukan yaitu memberikan surat pra survey untuk bertanya apakah pihak penerima magang bersedia menerima atau tidak, kemudian setelah diterima maka saya membawa surat magang sebagai tanda bukti bahwa saya melakukan kegiatan magang selama satu bulan penuh dengan perjanjian dimulai dan diakhiri tanggal, bulan dan tahun yang jelas.

Karena saya berasal dari kuliah jurusan Ekonomi maka, saya di tempatkan di Bidang Koperasi dan UKM. Kegiatan magang ini saya laksanakan selama 1 bulan mulai dari tanggal 1 Februari 2020 sampai dengan 1 Maret 2020. Kegiatan magang ini berlangsung selama 10 jam perhari mulai pukul 07 .15 - 16.00 untuk hari Senin-Kamis, dan 5 jam pada hari Jumat yaitu mulai pukul 07.15 - 11.00.

Selama pelaksanaan magang saya mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bidang Koperasi dan UKM, seperti melakukan kunjungan pada Koperasi dan UKM yang ada di Kabupaten Temanggung, saya juga di ajak untuk melakukan sebuah analisis pada salah satu UKM yang bertujuan untuk mencari tau bagaimana usaha tersebut dapat mempertahankan usahanya dan juga konsumennya. Selain itu juga saya membantu untuk memperbaiki kerusakan yang ada di bidang Koperasi dan UKM baik berupa komputer yang terkendala ataupun printer.

Banyak manfaat yang saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan yang saya ikuti pada saat magang ini karena saya dapat mempraktekkan ilmu yang sudah saya pelajari di saat perkuliahan dan dapat menerapkannya pada saat magang ini, saya juga dapat menambah pengetahuan bagaimana DINKOPDAG terutama pada bidang Koperasi dan UKM dalam melakukan pendampingan UMKM di masa pandemi ini, selain itu juga ilmu yang saya dapat ialah relasi atau bertemu dengan orang baru sehingga saya dapat memperluas pengetahuan dan saling bertukar pendapat.

Pesan dari saya untuk para pembaca, terutama bagi yang ingin melaksanakan kegiatan magang nantinya agar selalu tanggap serta cekatan dalam hal apapun yang diberikan atasan di tempat magang dan selalu memberikan yang terbaik kepada instansi agar kegiatan ini berjalan dengan baik harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan harus mempersiapkan diri dengan baik,di samping itu juga untuk calon peserta magang harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerjanya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ceritakan sedikit pengalaman saya pada saat melaksanakan kegiatan magang ini. Mohon maaf bila ada salah kata. Demikian artikel ini saya tulis semoga dapat bermanfaat bagi pembaca nya. Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun