Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Penulis - Praktisi Pendidikan, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung- Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

Membaca dan Menulis Dengan Moto Belajar dan Mengabdi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sepirit Peringatan Hari Buku dan Perputakaan: Mendukung Platform Merdeka Mengajar untuk Menggerakan Komunitas Belajar Munuju Indonesia Emas 2045

17 Mei 2024   20:24 Diperbarui: 17 Mei 2024   20:29 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Latis Education,  Tersedia di https://www.latisprivat.com/2024/02/ (dimodifikasi)

Sepirit Peringatan Hari Buku Internasional: Mendukung Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Menggerakkan Komunitas Belajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka 

Oleh: Ahmad Rusdiana

Salah satu tujuan diselenggakannya Peringatan Hari Buku dan Perpustakaan Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat serta kesadaran akan pentingnya membaca dan menulis di kalangan masyarakat Indonesia terkait dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah alat yang kuat untuk mendukung komunitas belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Platform ini menyediakan berbagai sumber belajar yang dapat membantu guru profesional dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Berikut adalah enam sumber belajar utama dari PMM yang dapat digunakan dalam konteks ini:

Pertama: Daftar Komunitas Belajar di Seluruh Indonesia PMM menyediakan daftar komunitas belajar yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan akses ini, guru dapat terhubung dengan komunitas belajar terdekat atau yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka, memiliki akses ke jaringan yang luas memungkinkan guru untuk berbagi pengalaman, mendapatkan dukungan, dan belajar dari praktik terbaik di berbagai daerah. Ini memperkaya pengetahuan mereka dan membantu mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan kurikulum baru.

Kedua: Buku Saku dan Panduan Memfasilitasi Komunitas Belajar dengan Menggunakan PMM Buku saku dan panduan yang disediakan oleh PMM adalah sumber daya penting bagi fasilitator komunitas belajar. Panduan ini mencakup cara-cara efektif untuk menggunakan platform, mengelola diskusi, dan memfasilitasi pembelajaran kolaboratif. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, panduan ini membantu guru untuk secara efektif mengorganisir dan memimpin komunitas belajar, memastikan bahwa semua anggota mendapatkan manfaat maksimal dari partisipasi mereka.


Ketiga: Fitur Webinar bagi Penggerak Komunitas PMM menawarkan fitur webinar yang dirancang untuk penggerak komunitas. Webinar ini dapat berfungsi sebagai forum untuk pelatihan, diskusi, dan berbagi pengetahuan secara real-time. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, webinar dapat digunakan untuk mengadakan sesi pelatihan tentang topik-topik spesifik, seperti strategi pembelajaran berbasis proyek atau penilaian autentik. Ini memungkinkan guru untuk terus memperbarui keterampilan mereka dan mengimplementasikan praktik baru yang relevan.

Keempat: Modul Belajar Topik Kurikulum Merdeka Modul belajar yang tersedia di PMM mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka. Modul ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep kunci, metode pengajaran, dan alat penilaian yang sesuai dengan kurikulum. Guru dapat memanfaatkan modul ini untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Kurikulum Merdeka, meningkatkan kompetensi profesional, dan menerapkan strategi yang efektif dalam pengajaran sehari-hari.

Kelima: Contoh Perangkat Ajar PMM menyediakan contoh perangkat ajar yang dapat digunakan sebagai referensi atau inspirasi oleh guru. Perangkat ajar ini termasuk rencana pelajaran, materi pembelajaran, dan alat penilaian yang telah disesuaikan dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Dengan menggunakan contoh perangkat ajar ini, guru dapat mengembangkan materi mereka sendiri yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks lokal, sekaligus memastikan kesesuaian dengan tujuan kurikulum.

Keenam: Prinsip Dasar Kurikulum Merdeka dan Penjelasan Profil Pelajar Pancasila, Capaian Pembelajaran, dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran PMM menyediakan penjelasan mendetail tentang prinsip dasar Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, capaian pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran. Sumber ini sangat penting bagi guru untuk memahami kerangka kurikulum secara menyeluruh. Pengetahuan ini membantu guru merancang dan melaksanakan pembelajaran yang tidak hanya sesuai dengan standar kurikulum, tetapi juga mendukung pengembangan karakter dan kompetensi siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang disediakan oleh PMM, komunitas belajar dapat lebih efektif dalam mendukung guru profesional dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Platform ini memungkinkan guru untuk terus belajar dan berkembang, berkolaborasi dengan rekan sejawat, dan mengakses sumber daya yang relevan untuk meningkatkan praktik pengajaran mereka. Melalui penggunaan PMM, guru dapat lebih siap menghadapi tantangan pendidikan dan memberikan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas bagi siswa mereka.

Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar untuk Mendukung Komunitas Belajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun