Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Penulis - Praktisi Pendidikan, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung- Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

Membaca dan Menulis Dengan Moto Belajar dan Mengabdi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas Operasional Guru Profesional: Mengembangkan Peserta Didik di Era Kurukulum Merdeka Menuju Indonesia Emas 2024

14 Mei 2024   02:39 Diperbarui: 14 Mei 2024   02:40 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Rumah Indonesia. tersedia di https://rumahindonesia.org/pendidikan-berkualitas-

Tugas Operasional Guru Profesional: Mengembangkan Peserta Didik Di Era Kurukulum Merdeka Menuju Indonesia Emas 2024

Menjadi Agen Perubahan Pesan Moral untuk Guru Milenial dalam Pendidikan.

Oleh: Ahmad Rusdiana

Tercapainya Indonesia Emas tahun 2045 adalah upaya dari integrasi dan in-terkoneksi antara kelas sosial, ekonomi, kebudayaan, dan segala jenis sumber daya yang lainnya. Pembentukan karakter yang beriman serta bertaqwa kepada Tuhan merupakan tujuan yang sangat mendasar dalam bidang keagamaan dan ke-masyarakatan (Wardoyo, 2015). Adapun sisi sektor ekonomi, dari hasil survey The McKinsey Global Intitude, pada tahun 2030 Indonesia diprediksi akan menempati peringkat ke 7 setelah Brazil dan Rusia (Dongiran, 2014). Untuk mencapai hasil ter-sebut, Indonesia tentunya harus bersiap dari sekarang karena prediksi tersebut me-mertukan tenaga terampil yang berpendidikan tinggi.

Pendidikan merupakan suatu pilar terbangunnya SDM yang memerlukan inovasi baru agar system demografi dapat digerakkan ke arah positif dan sekaligus mewujudkan impian pembentuk generasi Indonesia Emas 2045 (Perkusa, 2020). Keperluan tuntutan bangsa global harus dipersiapkan melalui pendidikan agar bias mencapai tujuan sebenarnya pada abad ke-21 (Irawan, 2017). Maka dari itu kualitas abad ke-21 akan berkembang melalui generasi emas dengan 3 kategori besar yaitu kualitas, literasi, dan kompetensi yang tentunya terdapat peran penting dari seorang pendidik bermutu.


Menurut para ahli pendidik profesional adalah setiap orang yang memiliki tanggung jawab penuh atas pendidikan muridnya baik individu atau kelompok, didalam atau diluar sekolah (Hamid, 2017). Tugas pendidik meliputi mendidik, menginspirasi, dan mengarahkan setiap pengembangan (Anwar, 2018) serta pening-katan kualitas pendidikan siswa akan bergantung pada kualitas pendidiknya (Dudung, 2018). Tanpa adanya pendidik professional sangatlah tidak mungkin bagi siswa akan mempunyai pendidikan yang tinggi, karena pendidik profesional meru-pakan ujung tombak dalam keberhasilan proses pendidikan disekolah.  

Untuk mengembangkan Calon Generasi Indonesia Emas 2045, guru profesional harus mengambil peran yang sangat penting dalam proses pendidikan. Terlebih lagi, dengan implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar, peran guru menjadi semakin signifikan dalam mengarahkan pembelajaran yang mampu menghasilkan siswa yang memiliki kualitas, literasi, dan kompetensi sesuai dengan tuntutan zaman. Mari kita kembangkan pembahasan dari keempat tugas utama guru dalam menghadapi tantangan ini:

Pertama: Mendidik untuk Setiap Pengembangan: Guru profesional perlu memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pendidikan yang komprehensif, tidak hanya dalam hal akademik tetapi juga dalam pengembangan karakter. Mereka harus mampu menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan kepemimpinan yang akan membantu siswa menjadi individu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan serta berkontribusi positif bagi masyarakat. Ini melibatkan pendekatan pembelajaran yang inklusif, memperhatikan keberagaman siswa dan memberikan pengalaman pembelajaran yang relevan dengan kehidupan mereka. Kedua: Menginspirasi untuk Setiap Pengembangan: Seorang guru profesional tidak hanya mengajar dari buku teks, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi siswa. Mereka perlu menunjukkan dedikasi, semangat, dan komitmen untuk membimbing siswa menuju kesuksesan. Melalui metode pengajaran yang kreatif, guru dapat memotivasi siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka, serta mendorong mereka untuk bermimpi besar dan meraih prestasi tinggi.

Ketiga: Mengarahkan Setiap Pengembangan: Guru profesional harus berperan sebagai pembimbing yang mampu memberikan arahan yang jelas kepada siswa dalam mencapai tujuan akademik dan pengembangan pribadi mereka. Mereka harus membantu siswa merencanakan langkah-langkah untuk mencapai impian mereka, memberikan umpan balik konstruktif, dan membantu mereka mengatasi hambatan yang mungkin terjadi dalam proses pembelajaran. Dengan memberikan bimbingan yang efektif, guru dapat membantu siswa menemukan potensi terbaik mereka dan mengembangkannya secara optimal.

Keempat: Peningkatan Kualitas Pendidikan Siswa: Guru profesional harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa dengan menyediakan lingkungan pembelajaran yang memadai, memanfaatkan teknologi secara efektif, dan terus menerus meningkatkan kompetensi mereka sebagai pendidik. Mereka perlu terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi tuntutan pendidikan abad ke-21. Selain itu, guru juga perlu bekerja sama dengan stakeholder lain, seperti orang tua dan komunitas, untuk menciptakan dukungan yang holistik bagi perkembangan siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun