Mohon tunggu...
Agustinus Sukamdi
Agustinus Sukamdi Mohon Tunggu... Guru - Belajar, belajar dan belajar untuk menulis supaya lebih baik. Literasi sebagai wujud nyata pengembangan pendidikan.

SMPK FRATER XAVERIUS 1 JL. KAPT. MARZUKI NO. 513 ILIR TIMUR I PALEMBANG SUMATERA SELATAN

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Refleksi: Perubahan Sosial Budaya Bidang Pendidikan

28 September 2022   23:50 Diperbarui: 28 September 2022   23:57 1091 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkap Layar Tugas Kliping Digital dengan Menggunakan Word. Dok. Pribadi

Sebelum menulis refleksi ini, saya berfikir ide apa yang akan saya tuliskan di sini. Pengalaman saya hari ini telah membuat ide untuk menulis akhirnya muncul setelah banyak tersita waktu saya untuk menanggapi sebuah info di salah satu grup media sosial. 

Para kompasianer yang terhormat, tentunya sudah banyak tulisan ilmiah tentang digitalisasi di berbagai bidang kehidupan salah satunya bidang pendidikan

Ketika pembelajaran dilaksanakan secara online hampir semua perangkat pembelajaran, penilaian dan juga laporan hasil belajar dilakukan secara digital. 

Selama Pandemi Covid-19 melanda, proses pembelajaran dilakukan secara online meskipun tidak bisa bertatap muka namun para pendidik dan peserta didik bisa bertemu di dunia Maya dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Setelah pemerintah melonggarkan PPKM dan tidak memberlakukan PPKM, maka proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Dalam pembelajaran tatap muka ini masih ada yang pro dan kontra tentang berbagai media yang dipakai. 

Di satu sisi seorang pendidik tetap menggunakan media pembelajaran secara digital dengan menerapkan berbagai media pembelajaran tetapi di sisi lain menginginkan proses pembelajaran dilaksanakan seperti jaman dulu, sebelum adanya smartphone, teks book, guru satu-satunya sumber ilmu. 

Nah, pengalaman hari ini, salah satu materi pembelajaran di kelas IX (jenjang SMP) adalah perubahan sosial budaya. Salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial budaya yaitu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Buku IPS Kelas IX, Kemendikbud, Hal. 90). 

Dalam refleksi ini tidak membahas materi pembelajaran IPS tersebut namun bagiamana proses perubahan sosial dan budaya juga berlaku dalam dunia pendidikan karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Ketika teknologi merambah dunia pendidikan maka lembaga pendidikan melaksanakan proses pembelajaran dengan menyesuaikan kemajuan teknologi. 

Ada satu pertanyaaan yang bisa diajukan kepada lembaga pendidikan atau pendidiknya. Bagaimana lembaga pendidikan menyikapi perkembangan jaman/perubahan sosial budaya? Apa saja yang bisa dilaksanakan/dilakukan oleh lembaga pendidikan dan juga pendidiknya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan