Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... Administrasi - write like nobody will rate you

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta alayya, wa alaa waalidayya; ... ya Allah, betapa banyak nikmat karunia-Mu dan betapa sedikit hamba mensyukurinya. | esdia81@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pernah Ekspor Guru ke Malaysia, Ranking PISA Indonesia 10 Besar Terbawah

27 November 2021   06:48 Diperbarui: 27 November 2021   07:03 233 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi sekolah (Foto: Antara/ Septianda Perdana).

Hafid Abbas, Guru Besar UNJ:

"Misalnya ada Kepala Dinas Pendidikan yang berasal dari urusan pemakaman, ada pula dari urusan pasar, dan sebagainya. Ini bertentangan dengan Konvensi UNESCO dan ILO (1966) yang mensyaratkan bahwa urusan pendidikan diprioritaskan kepada mereka yang mengerti pendidikan dan berpengalaman menjadi guru."

Posisi Indonesia berada pada peringkat 70-an dalam klasemen PISA, Programme for International Student  Assessment. Bukan kabar baik karena anggota lembaga ini cuma 79 negara.

Ambil contoh untuk Matematika (dua parameter lain yaitu kemampuan membaca dan pengetahuan sains).

Ranking kemampuan pelajar Indonesia dalam berhitung pada tahun 2018 yaitu 72. Ada penurunan prestasi secara konsisten karena sebelumnya berturut-turut yaitu 37 (2003), 47 (2006), 55 (2009), 60 (2012), dan 66 (2015). Penurunan tersebut bisa  terkait dengan jumlah negara yang disurvei, bisa juga karena secara obyektif memang ada penurunan.

Tahun ini jika tak ada aral melintang PISA mestinya mengadakan pengukuran lagi mengingat interval tiga tahunan. Hasilnya rilis tahun depan. Barangkali perlu digalang doa nasional supaya ada perbaikan nomor urut kalau tidak tambah terpuruk atau stagnan.

Menyoroti keterpurukan  kualitas pendidikan, rasanya ada kekeliruan dalam sistem pendidikan kita. Atau negara lain yang terlalu berambisi. Mestinya mereka menyesuaikan diri dengan kecepatan Indonesia.

Bagaimana negara lain yang berada di atas kita? Siapakah mereka?

Untuk 10 besar Matematika teraktual, PISA menyampaikan daftar  sebagai berikut:

  • China
  • Singapura
  • Macau
  • Hongkong
  • Taiwan
  • Jepang
  • Korea Selatan
  • Estonia
  • Belanda
  • Polandia

Bisa kita lihat bahwa dalam daftar lembaga yang berada di bawah OECD ini negara Asia mendominasi (Macau, Hongkong, Taiwan tidak digabung dengan China). Maknanya, secara potensi kita mampu masuk 10 besar elit PISA. Toh sama-sama konsumen beras yang setia.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih beruntung ditemani Filipina untuk 10 besar terbawah. Dan lebih baik posisinya. Sementara untuk negara-negara lain  yang diukur, semua berada di atas.

Matematika Thailand ada di posisi 58, kemudian Brunei  52, Malaysia ranking 38, dan Vietnam urutan 24. Bahkan untuk kategori Sains, Vietnam berada pada posisi 4!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan