Mohon tunggu...
Agung Pranata
Agung Pranata Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa ilmu administrasi bisnis fisip usu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Strategi UMKM Konveksi Pasca Pandemi Covid-19

23 Januari 2021   23:40 Diperbarui: 23 Januari 2021   23:41 84 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi UMKM Konveksi Pasca Pandemi Covid-19
dok. pribadi

Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan perekonomian. Dalam perkembanganya UMKM banyak memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional, diantaranya memberikan peran dalam menyerap banyak tenaga kerja sehingga membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan pengangguran, memperluas lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat dan kontribusinya terhadap pendapatan negara.

Salah satu UMKM konveksi yang berada di kota Medan yaitu Konveksi Ers Store Medan, usaha ini didirikan oleh Ersandi Dermawan pemuda asal Medan, ia mendirikan konveksinya sendiri pada tahun 2016. Berawal dari seringnya tawaran yang dia dapat untuk membuat berbagai macam pakaian membuatnya memberanikan diri untuk membuat konveksinya sendiri. Permasalahan yang perlu diwaspadai dalam usahanya saat ini ialah persaingan yang terus meningkat dan loyalitas pekerja menjadi isu serius bagi usahanya. Namun pada saat ini tak hanya ketat nya persaingan namun juga sulitnya bertahan dikarenakan kondisi pandemi Covid yang muncul baru baru ini. Dengan munculnya pandemi Covid 19 ini semua orang menjadi lebih waspada dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan nya saat ingin keluar rumah yaitu dengan mengenakan masker. Hal ini membuat masker medis menjadi langka, langkanya masker kesehatan pada saat ini membuat sektor UMKM bidang konveksi untuk melirik peluang usaha yang biasanya hanya memproduksi pakaian dan seragam kini juga membuat produksi masker kain di karenakan menurunnya minat pembuatan konveksi pakaian pada saat ini. Tidak hanya memproduksi masker sektor konveksi juga membuat baju hazmat APD untuk keperluan kesehatanKonveksi ers store medan mampu melihat adanya peluang usaha ditengah pandemi Covid seperti pada saat kekurangannya alat APD, UMKM ini mampu memproduksi baju hazmat untuk keperluan APD dan juga membuat masker kain untuk keperluan kesehatan

Konveksi ers store melakukan beberapa strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar dan juga pada saat masa pandemi seperti ini. Market segmentasi pasar konveksi ers store Medan terdiri dari 3 kategori yaitu anak sekolah, himpunan mahasiswa/organisasi, dan perusahaan. Himpunan mahasiswa merupakan segmen yang paling utama (alasannya karena peluang lebih besar, efisien, resikonya jauh lebih kecil). Sedangkan untuk memperluas pasarnya konveksi ers store Medan mempromosikan produk melalui 3 social media yaitu instagram, facebook, dan olx. Tetapi lebih fokus di instagram karena marketnya lebih banyak ada muda yang sering mengadakan organisasi. Olx juga menjadi  marketing tambahan dari pemasaran yang dilakukan.

Cara Perusahaan Mendistribusikan Produknya Supaya Sampai ke Konsumen

Konveksi ers store Medan mendistribusikan produknya melalui beberapa cara seperti melalui agen, karena agen memiliki peran yang penting dalam pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pemasaran dengan cara mendistribusikan barang. Selain itu konveksi ers store Medan juga menerima pesanan langsung, sehingga proses pendistribusiannya dilakukan langsung oleh konveksi ers store Medan, hal ini dilakukan untuk mengefesiensi waktu dan biaya.

#Kualitasjahitanpejabat #HargaJelasmerakyat,

VIDEO PILIHAN