Mohon tunggu...
Agung Pramono
Agung Pramono Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis

Agung Pramono berprofesi sebagai guru. Hoby menulis, olah raga dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Temukan Cara Belajar yang Efektif agar Hasilnya Maksimal

30 Oktober 2022   21:32 Diperbarui: 30 Oktober 2022   21:48 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saat kita sekolah pernahkah terpikirkan untuk belajar dengan baik agar menghasilkan prestasi yang baik. Misalnya menjadi juara kelas dengan nilai-nilai raport yang bagus?.Ternyata sebagian besar kita tidak terlalu memikirkan hal tersebut.

Banyak diantara kita ke sekolah bertemu dengan teman, mengikuti pelajaran sekedarnya terus pulang. Itu dilakukan terus menerus. Besoknya pergi ke sekolah lagi, bercanda dengan teman, mengikuti pelajaran, selesai terus pulang.

Waktu kita sekolah saat di kelas memusatkan perhatian di dalam kelas sangat sulit. Entah mengapa saat bapak ibu guru mengajar perhatian kita kadang melayang jauh keluar. Kadang teringat keadaan rumah atau malah teringat teman special. Mungkin juga kita justru mengganggu teman di sebelah. Kalau hal ini terus dilakukan bukan tidak mungkin jika akhirnya materi pelajaran tidak bisa dipahami dengan baik dan menyulitkan proses belajar.

Jarang diantara kita memikirkan cara belajar yang efektif itu seperti apa? Belajar yang benar yang dapat secara mudah memahami apa yang disampaikan guru itu seperti apa? Seharusnya kita mempersiapkan diri dengan baik.

Jika ingin dapat nilai yang bagus saat ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan ujian akhir dengan cemerlang ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati hal tersebut. Berikut tips mudah meningkatkan cara belajar yang efektif.

1. Membuat catatan pribadi dengan cara unik untuk memudahkan pemahaman selama proses belajar di dalam kelas. Penjelasan dari guru kerap kali tidak terdapat di dalam buku teori yang tersedia sehingga sebaiknya diberi catatan tambahan yang justru kerap kali keluar saat ujian

2. Buatlah bagan sistematis untuk mempermudah pemahaman dengan menjabarkan kerangka pemikiran akan suatu teori jika sudah memahami konsep dengan baik maka tidak perlu capek-capek menghafal materi pelajaran

3. Duduk di barisan depan untuk memudahkan mendengar penjelasan guru atau dosen serta meningkatkan konsentrasi. Dengan duduk didepan maka otomatis kita bisa focus mendengarkan penjelasan bapak /ibu guru. Banyak siswa inginnya duduk di belakang sehingga saat guru menerangkan materi tidak dipahami dengan baik

4. Saat belajar jangan segan untuk bertanya. Malu bertanya sesat dijalan. Pepatah  inipun berlaku dalam proses belajar oleh karenanya akan lebih baik jika langsung menanyakan beberapa materi yang tidak dimengerti dengan baik kepada guru atau dosen. Hal ini pun akan membuka sebuah diskusi di kelas yang juga berguna untuk mematangkan konsep yang sedang dipelajari.

5. Biasakan untuk membaca materi pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya dan lanjutkan membuka bab yang akan dibaca selanjutnya setiap hari. Materi pelajaran ini pun biasanya sudah terdapat di dalam silabus yang dibagikan di awal semester sehingga memudahkan mempersiapkan diri sebelum menerima materi baru di kelas keesokan harinya. 

Lagi pula cara ini juga dapat memberikan pemahaman awal mengenai suatu materi pelajaran sehingga akan lebih mudah menerima penjelasan lebih lanjut saat belajar di kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun