Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berkarya dan hidup bersamanya

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Sinar Terang Platform Aplikasi Online di Tengah "Kegelapan" Coronavirus

23 Maret 2020   13:39 Diperbarui: 24 Maret 2020   09:07 271 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sinar Terang Platform Aplikasi Online di Tengah "Kegelapan" Coronavirus
Ilustrasi gambar : www.analisaforex.com

Coronavirus telah mengubah banyak hal. Membuat dunia ini tak lagi sama dengan sebelumnya. Beberapa orang kehilangan sosok terkasih atau keluarganya oleh karena pandemi ini. 

Sehingga kebijakan pun ramai-ramai ditelurkan guna menangkal, menghambat, dan memberantas pandemi virus corona covid-19. 

Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah adalah kebijakan yang kini digaungkan sebagai salah satu bentuk social distance untuk mengisolasi pandemi ini agar tidak semakin tersebar luas. 

Biarpun kebijakan ini sendiri masih belum terlalu terlihat efektivitasnya, paling tidak di Indonesia sendiri hal ini mulai membentuk kebiasaan "baru" kita dalam bersosialisasi.

Beberapa hari lalu saya samasekali belum pernah mendengar aplikasi bernama "zoom". Namun pasca digalakkannya "Work From Home" oleh pemerintah dan dijalankan oleh beberapa perusahaan, aplikasi ini mendapatkan jumlah pengguna yang melonjak secara signifikan. 

Bahkan jumlah unduhan aplikasinya melonjak drastis berkali-kali lipat dibandingkan sebelum WFH diberlakukan. Sekadar informasi, aplikasi zoom memberikan layanan video conference yang menfasilitasi beberapa penggunaya untuk terlibat dalam satu sambungan komunikasi sekaligus. 

Seperti menjalankan meeting jarak jauh dengan beberapa orang secara bersama-sama. Bagaimanapun juga aktivitas kerja perlu komunikasi dan koordinasi agar tetap bisa berjalan lancar. Saat pertemuan dibatasi, itu bukan berarti tatap muka juga terkendala. Zoom memberikan solusinya.

Selain zoom, sebenarnya masih ada aplikasi lain yang turut terkena imbas positif pemberlakuan kebijakan WFH. Google Hangoaut, Ruangguru, dan beberapa aplikasi penunjang lain juga turut mengalami kenaikan jumlah pengguna. 

Kebiasaan "lama" di mana bekerja harus datang ke kantor perlahan menjadi semakin tidak relevan. Meski mungkin hal itu masih akan kembali lagi pasca pandemi ini berakhir. Namun setidaknya sinar terang kini dirasakan oleh beberapa platform teknologi yang menjembatani komunikasi jarak jauh dilakukan.

Seolah menemukan momentumnya, para penyedia platform aplikasi online harus benar-benar bisa mengoptimalkan saat ini untuk membangun keberlangsungan bisnis mereka dimasa depan. 

Syaratnya tentu saja memberikan layanan memuaskan kepada para penggunanya. Zoom yang mungkin cukup "awam" di telinga mendadak menjadi begitu populer karena menawarkan kualitas yang maksimal. Sayangnya hal itu masih sebatas pertemuan tatap muka dan suara saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN