Mohon tunggu...
Ariq Ilham
Ariq Ilham Mohon Tunggu... Freelancer - Rookie Writer

23y | Olahraga - Lyfe - Vox Pop

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Sinar Terang Megawati di Liga Voli Korea

9 Maret 2024   09:46 Diperbarui: 10 Maret 2024   21:23 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
DOKUMENTASI FEDERASI BOLA VOLI KOREA via KOMPAS.id

Megawati Hangestri Pertiwi, atlet voli asal Jember yang kini berkarir di liga voli Korea (V-League) mencuri perhatian banyak pecinta voli Korea sejak awal kemunculannya.

Mega, sapaan Megawati, dipilih tim Daejeon Korea Ginseng Corporation (KGC) yang kemudian berganti nama menjadi Jung Kwan Jang Red Sparks untuk mengisi kuota pemain asing Asia di kompetisi V-League 2023/24.

Mega mencuri perhatian karena penampilannya yang menggunakan hijab. Dirinya menjadi pemain pertama dan satu-satunya yang memakai hijab di liga voli Korea. Dirinya juga menjadi pemain voli Indonesia pertama yang berkarir di Korea.

Di saat tim lain mengambil pemain asal Thailand atau Jepang untuk mengisi slot Asia, pelatih Red Sparks, Ko He-jin, justru memilih pemain berhijab asal Indonesia untuk memperkuat timnya.

Di awal kedatangannya, nama Megawati kurang begitu dikenal di Korea. Penonton bola voli Korea lebih familiar dengan pemain asal Thailand karena timnas Korea sering berhadapan dengan timnas Thailand di ajang internasional.

Namun sekarang, Megawati menjadi pemain asing Asia paling bersinar dan paling populer di liga voli Korea.

Megatron (julukan Mega) langsung "meledak" di pertandingan debutnya di liga Korea. Mega langsung berkontribusi dengan menjadi penyumbang poin terbanyak di tim. Ia makin mencuri perhatian publik Korea lewat spike keras dan jump serve-nya. 

Mega yang berposisi sebagai opposite hitter berhasil mengoleksi 138 poin di putaran pertama dan menjadikannya top score tim, unggul atas Giovanna Milana (Gia) rekan setimnya asal Amerika Serikat yang berposisi sebagai outside hitter.

Dirinya bahkan berada di urutan teratas dalam hal persentase keberhasilan serangan yakni di angka 48,46%

Berkat performa gemilangnya, Mega dinobatkan sebagai MVP atau pemain terbaik untuk putaran pertama V-League 2023/24.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun