Mohon tunggu...
AG Cyber TV
AG Cyber TV Mohon Tunggu... Editor - Media Online

OFFICIAL WEBSITE AG CYBER TV : https://www.agcybertv.online MEDIA SOSIAL AG CYBER TV : INSTRAGRAM - https://instagram.com/agcybertv TWITTER - https://twitter.com/agcybertv FACEBOOK - https://facebook.com/agcybertv YOUTUBE - https://youtube.com/agcybertv TELEGRAM - https://t.me/agcybertv

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Bukit Sudirman di Sawahan Nganjuk, Destinasi Wisata Sejarah yang Terlupakan

27 September 2022   15:11 Diperbarui: 27 September 2022   15:14 196 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp


Bukit Soedirman , destinasi wisata sejarah yang terletak di Dusun Magersari Desa Margopatut kecamatan Sawahan kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Untuk bisa sampai dilokasi ini , kita harus menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer dari jalan raya yang menuju ke tempat wisata air Terjun Sedudo.

Medannya lumayan ekstrim , satu-satunya akses jalan menuju ke lokasi bukit Sudirman ini hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua.

Dibutuhkan performa kendaraan yang cukup baik , karena selain jalannya yang menanjak tajam , lebar jalan hanya satu rentang tangan orang dewasa dan berbatu atau makadam.

Dikanan kiri jalan berderet pohon cengkeh , yang merupakan komoditas utama masyarakat setempat.

Setelah menempuh medan yang melelahkan , dari bukit Sudirman kita bisa melihat panorama deretan rumah rumah penduduk lereng wilis yang membentang luas sejauh mata memandang.

Di bukit ini terdapat patung jenderal Sudirman dengan posisi hormat menghadap deretan rumah penduduk dan tangan kiri memegang tongkat , sebuah keris terselip dibawah dadanya.

Tak jauh dari patung , terdapat tugu bambu runcing yang  di pagar rantai , di tempat inilah dulu sang Panglima Besar Sudirman pernah singgah saat bergerilya menghindari kejaran penjajah.

Tugu ini dulunya adalah sebuah rumah milik Mbah Kasan Muradi , Kepala Dusun Magersari kala itu . Dari papan informasi diketahui , jenderal sudirman bermalam disini pada bulan April tahun 1949.

Untuk mengenang jejak Sang Jenderal , tempat ini sekarang di jadikan destinasi wisata sejarah dengan harapan pengunjung bisa mengenang jejak-jejak perjuangan para pahlawan bangsa ini.

Namun sayang , sejak diresmikan oleh Kepala Desa setempat pada 2021 lalu , tempat ini sekarang terbengkalai seperti tak terawat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan